Info

Tak Perlu Khawatir, Lengan Kesemutan Usai Vaksinasi adalah Hal Umum

Saat mengalami lengan kesemutan usai vaksinasi, dokter sarankan untuk tak perlu khawatir.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Para ahli menyatakan bahwa kondisi kesemutan di lengan dan jari-jari usai vaksinasi Cpvid-19 tidak perlu dikhawatirkan.

"Kesemutan di jari atau paresthesia, dapat terjadi karena berbagai alasan," kata Dr. Sachin Nagrani M.D., direktur medis perusahaan perawatan kesehatan Heal seperti yang dikutip dari Bustle.

Melansir dari Bustle, paresthesia adalah perasaan aneh di kulit Anda termasuk perasaan tertusuk, menggigil, atau terbakar yang tampaknya tidak memiliki penyebab fisik apapun. "Reaksi sistem saraf terhadap suntikan atau jarum itu sendiri dapat menyebabkan pingsan atau paresthesia untuk sementara waktu setelah vaksin diberikan, ini seharusnya dapat diatasi dengan cepat," imbuhnya.

"Jari kesemutan bukanlah efek samping yang paling banyak dilaporkan setelah menerima vaksin Covid-19," kata Dr. Robert Quigley M.D., direktur medis global di perusahaan mitigasi risiko medis dan keamanan International SOS, kepada Bustle.

Jika Anda takut pada jarum suntik atau pengalaman vaksinasi meningkatkan kecemasan, kondisi tersebut mungkin tingkatkan risiko kesemutan.

"Kecemasan dapat menyebabkan kesemutan pada jari karena nafas yang cepat," kata Dr. Nagrani. Saat Anda bernapas dengan cepat, Anda mungkin mengalami sesuatu yang disebut hiperventilasi, yaitu saat Anda mengeluarkan terlalu banyak karbon dioksida atau CO2.

Hiperventilasi cenderung menyebabkan kesemutan pada ekstremitas Anda karena pembuluh darah Anda menyempit, sehingga darah tidak dapat mencapai jari tangan atau kaki.

Jika kesemutan berlanjut selama lebih dari dua atau tiga hari, kemungkinan penyebabnya adalah suntikan vaksin.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

"Meskipun sangat jarang, suntikan terlalu dalam ke otot dapat menyebabkan cedera pada saraf yang memberikan sensasi pada ujung jari," kata Dr. Quigley. Kondisi ini bisa menyebabkan semacam trauma saraf atau pembekuan darah di otot di sekitar saraf.

Dokter Nagrani mengatakan bahwa meskipun Anda merasakan sensasi aneh di jari Anda setelah vaksin Covid-19, kemungkinan kondisi hanya terjadi sementara dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan di masa depan.

"Tidak ada bukti peningkatan risiko kondisi neurologis dari vaksin Covid-19 pada saat ini, dan jutaan orang telah menerimanya sejauh ini yang menunjukkan keamanannya," kata dokter Nagrani.

Kesemutan sendiri tidak dianggap sebagai masalah, tetapi jika Anda mulai mengalami gejala lain yang dapat menunjukkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, bengkak di wajah atau mulut, atau masalah pernapasan, segera hubungi pihak medis. 

Berita Terkait

Berita Terkini