Info

Puasa Tetap Berenergi dan Terhidrasi, Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur

Agar puasa tetap sehat dan bugar, makanan yang Anda konsumsi saat sahur tentu akan berpengaruh.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi makan sahur bersama keluarga (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi makan sahur bersama keluarga (Pixabay/skeeze)

Himedik.com - Beberapa makanan bisa membantu Anda tetap terhidrasi dan berenergi selama berpuasa. Namun  makanan lain bisa membuat Anda merasa terhidrasi sepanjang hari.

Melansir dari NDTV, berikut beberapa asupan sahur untuk merasa tetap terhidrasi dan berenergi selama puasa, antara lain:

1. Telur

Telur merupakan asupan yang kaya vitamin dan nutrisi. Makan telur akan membuat Anda merasa kenyang karena kandungan nutrisinya termasuk protein.

2. Oatmeal

Makanan kaya protein seperti oatmeal memberi Anda banyak energi. Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera, jika disajikan dengan tambahan kacang, makanan ini akan semakin penuh gizi.

3. Ikan atau Ayam

Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas, namun usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena bisa menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng perlu Anda hindari selama sahur karena bisa membuat Anda lebih haus.

Di sisi lain, ayam memiliki nutrisi penghasil energi yang akan memudahkan seseorang yang berpuasa, berfungsi sepanjang hari.

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran (Shutterstock)
Buah dan sayuran (Shutterstock)

Buah dan sayuran kaya akan mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi. Selain air, buah juga bisa membantu Anda tetap terhidrasi. Beberapa contoh buahnya adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, ketimun, selada, bayam, dan seledri.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa membuat orang kenyang hanya dalam jumlah kecil. Jika Anda memasangkan kacang dengan susu panas maka itu akan menjadi kombinasi yang sehat karena produk susu juga sangat mengenyangkan.

Jika Anda ingin memasangkannya dengan roti maka Anda bisa menggunakan selai kacang. Selai almond dan selai kacang akan memberi Anda energi sekaligus membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Berita Terkait

Berita Terkini