Info

Rambut Beruban Sebelum Usia 30 Tahun, Bisa Jadi Tanda 4 Masalah Kesehatan!

Rambut beruban sebelum usia 30 tahun bisa menandakan suatu masalah kesehatan tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi rambut beruban (pixabay)
Ilustrasi rambut beruban (pixabay)

Himedik.com - Rambut beruban sangat wajar terjadi seiring bertambahnya usia. Tapi, beberapa orang memang mengalami perubahan warna rambut lebih cepat sebelum waktunya.

Beberapa orang bisa menerimanya dengan tenang, tapi ada pula yang berusaha menyembunyikannya. Apalagi, Anda yang masih berusia muda.

Tapi, perubahan warna rambut atau uban yang sudah terlihat sebelum usia 30 tahun bisa jadi tanda peringatan. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa penyebab rambut berubah sebelum usia 30 tahun.

1. Penyakit jantung

Jika rambut Anda beruban lebih cepat, cobalah periksakan kondisi kesehatan jantung Anda. Ilmuwan mengungkapkan bahwa perubahan warna rambut yang cepat ini sering dikaitkan dengan risiko tinggi penyakit jantung iskemik.

Ilustrasi jantung (Shutterstock).
Ilustrasi jantung (Shutterstock).

2. Kekurangan vitamin D3 dan B12

Pola makan yang seimbang sudah cukup untuk mencegah atau memperlambat rambut berubah. Para ilmuwan menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 dan D3 menyebabkan hilangnya melanin yang bisa mengubah warna rambut.

3. Perokok

Kebiasaan merokok juga salah satu penyebab warna rambut berubah lebih cepat. Merokok telah terbukti menyebabkan rambut beruban sehingga lebih baik menguranginya. Bahkan, kebiasaan ini bisa memicu kerontokan rambut.

4. Akumulasi peroksida

Umumnya, folikel rambut menghasilkan sedikit hydrogen peroksida. Tapi, akumulasi peroksida bisa mengubah warna rambut. Kondisi ini bisa ditangani dengan senyawa yang mengaktifkan UVB, yang juga digunakan untuk mengatasi gangguan pigmentasi kulit.

Berita Terkait

Berita Terkini