Info

Awas, Peradangan Gusi Efeknya Bisa Sampai ke Jantung

Studi menyebutkan bahwa peradangan gusi bisa berefek pada kesehatan jantung.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Jangan anggap sepele soal kesehatan muulut(suara.com)
Jangan anggap sepele soal kesehatan muulut(suara.com)

Himedik.com - Studi longitudinal baru  menunjukkan bahwa orang dengan peradangan gusi periodontitis berisiko lebih tinggi mengalami kejadian kardiovaskular utama. Penelitian ini telah diterbitkan pada Journal of Periodontolog.

Melansir dari Eat This, penelitian ini disusun oleh Forsyth Institute dan ilmuwan Universitas Harvard. Pada stufi ini, dokter menemukan hubungan antara peradangan penyakit gusi aktif dan peradangan arteri. Peradangan arteri inilah yang bertanggung jawab untuk menyebabkan masalah jantung seperti serangan jantung, stroke, dan kejadian penyakit kardiovaskular berbahaya lainnya.

Penelitian ini melibatkan 304 orang yang menjalani pemindaian tomografi di arteri dan gusi pada awal penelitian dan kemudian empat tahun kemudian. 13 dari mereka kemudian mengembangkan efek samping kardiovaskular yang parah.

Setelah mengendalikan faktor risiko lain, para peneliti menentukan bahwa adanya peradangan periodontal terbukti dapat memprediksi kejadian kardiovaskular.

Ilustrasi kesehatan mulut. (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan mulut. (Shutterstock)

"Ini sangat pasti terkait dengan orang yang saat ini memiliki penyakit inflamasi aktif," kata Dr. Thomas Van Dyke, Anggota Senior Staf di Forsyth dalam siaran persnya.

Penting untuk dicatat bahwa orang yang pernah menderita periodontal sebelumnya tidak mengalami peningkatan risiko kardiovaskular. Risiko meningkat hanya pada mereka yang mengalami peradangan aktif pada gusi.

Para peneliti percaya bahwa hubungannya bisa jadi peradangan periodontal lokal mengaktifkan dan memobilisasi sel yang memberi sinyal melalui sumsum tulang, memicu peradangan arteri.

Berita Terkait

Berita Terkini