Info

Sudah Amankah Lepaskan Masker di Luar Ruangan? Begini Panduan Ahli

Luar ruangan memiliki risiko penularan lebih kecil, amankah melepaskan masker?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Para ahli terkemuka percaya bahwa Covid-19 terutama ditularkan melalui udara. Hal ini berarti virus corona sebagian besar menyebar melalui partikel halus pernapasan yang tetap melayang di udara selama beberapa waktu. 

"Hal ini pada gilirannya membuat luar ruangan jauh lebih aman daripada di dalam ruangan," kata Jose-Luis Jimenez, seorang ilmuwan aerosol terkemuka di Universitas Colorado Boulder seperti yang dikutip dari Medical Xpress.

"Di dalam ruangan jauh lebih berbahaya karena dinding, langit-langit, dan lantai menahan udara, sementara di luar ruangan jauh lebih kecil risikonya karena ada lebih banyak gerakan udara," imbuhnya.

Tapi, dia menegaskan risiko rendah bukan berarti tidak ada risiko. Sekarang ada sejumlah penelitian yang berusaha mengukur risiko penyebaran Covid-19 di luar ruangan.

Melansir dari Medical Xpress, Oktober 2020 peneliti China menerbitkan sebuah makalah di jurnal Indoor Air yang mengumpulkan informasi tentang 7.324 kasus dan termasuk informasi tentang di mana virus itu menular. Hanya satu wabah yang terdokumentasi terjadi di luar ruangan, yakni di sebuah desa di Shangqiu, Henan, di mana seorang pria berusia 27 tahun terinfeksi setelah melakukan percakapan di luar ruangan dengan pembawa virus pada Januari 2020.

Beberapa ahli mengatakan di luar ruangan malah jauh lebih berisiko untuk menyebarkan virus karena ada lebih banyak gerakan udara dan udara yang dihembuskan naik.

Donald Milton, seorang profesor di University of Maryland dan salah satu pelopor di bidang ilmu aerosol menyarankan orang untuk menghindari keramaian di luar ruangan, terutama jika ada teriakan yang terlibat dan udara tergenang.

Pasangan pakai masker. (Elements Envanto)
Pasangan pakai masker. (Elements Envanto)

Tetapi, dia berpikir bahwa ada saat Anda boleh melepaskan masker di luar ruangan, misalnya saat sedang berlari dan kondisi sepi. 

"Ketika saya pergi jogging di lingkungan saya, di mana rumah-rumahnya dipisahkan oleh jarak 10 meter (32 kaki) atau lebih dan hanya ada beberapa orang yang berjalan-jalan dengan anjing atau anak-anak bermain di halaman, saya membawa masker tapi melepaskannya," katanya.

"Kemudian jika saya berhenti untuk mengobrol dengan orang lain, saya dapat memakai masker. Jika saya berjalan-jalan dengan teman, saya akan memakainya," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini