Info

4 Langkah Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap selama Puasa

Bagi yang mengalami bau mulut tidak sedap selama puasa, ketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi bau mulut. (shutterstock)
Ilustrasi bau mulut. (shutterstock)

Himedik.com - Tidak makan dan minum untuk waktu yang lama berdampak pada jumlah air liur yang kita hasilkan. Air liur ini berperan penting dalam mengurangi pertumbuhan bakteri. Selama puasa, aliran air liur akan berkurang.

Karenanya, perlindungan terhadap bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut pun berkurang. Inilah yang membuat timbulnya bau mulut tidak sedap saat menjalankan ibadah puasa.

Meskipun tidak semua orang yang berpuasa akan mengalami efek samping ini, namun bagi yang mengalaminya, ketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah bau mulut selama puasa terjadi. Berikut dirangkum dari The National News:

1. Hidrasi

Minum air yang cukup saat buka puasa sangatlah penting. Hal ini tidak hanya dapat membuat Anda terhidrasi antara matahari terbit dan terbenam, tetapi juga membantu mencegah bau mulut.

Dr Rumana Abbas Dawasaz, seorang dokter gigi estetika dan kosmetik dari Rumah Sakit Zulekha di Dubai, mengatakan bahwa menghindari kafein, garam berlebih, dan makanan lain yang menyebabkan dehidrasi akan membantu, baik saat berpuasa maupun untuk tujuan kebersihan mulut.

Ilustrasi. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (sumber: Shutterstock)

2. Jangan langsung sikat gigi setelah makan

Direkomendasikan untuk menunggu selama 30 hingga 60 menit setelah makan sebelum sikat gigi. Pasalnya, setelah kita makan, kadar asam di mulut meningkat dan gigi kita berada pada kondisi paling lemah.

"Menyikat pada tahap ini bisa menyebabkan kerusakan yang cukup besar pada enamel gigi. Menunggu akan memungkinkan air liur menetralkan lingkungan mulut dan membantu pemulihan dari asam," ujar Dr Maisa Zobeidi, seorang dokter gigi di Rumah Sakit Zulekha di Sharjah.

3. Jaga kebersihan mulut sepanjang hari

Selain menyikat gigi, menggunakan pengikis lidah, benang dan alat bantu interdental bahkan selama jam puasa dapat membantu menjaga kebersihan mulut Anda.

4. Menghindari makanan penyebab bau mulut

Selain efek puasa terhadap napas kita, makanan tertentu lebih rentan menyebabkan bau mulut. Kondisi ini dapat dikurangi dengan mengurangi konsumsi bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah dan cabai.

Bahan kimia yang terkait dengan makanan tersebut cenderung masuk ke aliran darah dan pindah ke paru-paru, dan kemudian dihembuskan keluar, dengan efeknya yang bertahan lama.

Sebaiknya perbanyak mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta probiotik seperti yogurt saat puasa.

Berita Terkait

Berita Terkini