Info

Studi: Cokelat Panas Bikin Otak Lebih Cerdas dan Berpikir Cepat!

Kandungan flavonoid dalam cokelat dapat meningkatkan fungsi otak.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Cokelat panas. (pixabay/sharonang)
Cokelat panas. (pixabay/sharonang)

Himedik.com - Sejumlah studi menunjukkan cokelat memiliki beragam manfaat, mulai dari melindungi dari penyakit jantung hingga mencegah pikun.

Kini, berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Birmingham menemukan cokelat panas dapat membuat Anda menjadi pemikir yang lebih cerdas dan cepat.

Studi yang dilakukan terhadap 18 pria berusia 18 hingga 40 tahun ini menunjukkan, meminum cokelat dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk dengan cepat menyelesaikan serangkaian tes mental yang kompleks.

Peserta studi mengalami peningkatan ketajaman serta dapat menyelesaikan tes hingga 11 persen lebih cepat saat senyawa flavanol di otak bertambah.

Flavonoid yang terkandung di biji kakao memang dapat meningkatkan fungsi bagian otak, yang berpengaruh dalam masalah ingatan karena faktor usia.

Ilustrasi cokelat panas. (Pixabay)
Ilustrasi cokelat panas. (Pixabay)

"Kami menggunakan cokelat dalam percobaan ini, tetapi flavanol sangat umum di berbagai buah dan sayuran," kata penulis utama studi Catarina Rendeiro, dilansir New York Post.

"Lebih jauh, studi ini juga menunjukkan bahwa falavanol mungkin sangat bermanfaat pada orang yang sednag menyelesaikan tugas yang menuntut kemampuan kognitif," lanjutnya.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis bagaimana peserta bereaksi terhadap tes yang membuat otak berpikir keras sebelum dan sesudah menyesap minuman manis.

Ternyata, tingkat oksigenasi darah peserta meningkat tiga kali lipat setelah meminum cokelat panas. Waktu tes dan tingkat akurasi mereka juga meningkat.

Tidak hanya itu, kinerja setiap peserta juga meningkat ketika peneliti menambahkan ekstra flavanol ke dalam cokelat panas mereka. Menurut peneliti, kekuatan otak terkait dengan tingkat oksigen.

"Dengan lebih memahami manfaat kognitif dari mengonsumsi kelompok makanan ini, kami dapat menawarkan panduan yang lebih baik kepada orang-orang tentang cara memaksimalkan diet mereka," pungkas Rendeiro.

Berita Terkait

Berita Terkini