Info

Jangan Pakai Perhiasan saat Tidur Malam, Ini Dampaknya pada Kesehatan!

Pakai perhiasan saat tidur malam justru buruk untuk kesehatan Anda.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi perhiasan (Pixabay/anomalnaya)
Ilustrasi perhiasan (Pixabay/anomalnaya)

Himedik.com - Kebiasaan tidur malam menggunakan perhiasan di tubuh, baik cincin, gelang maupun kalung mungkin tidak terlihat membahayakan. Tapi, faktanya kebiasaan itu buruk untuk kesehatan.

Faktanya, memakai perhiasan selama tidur malam justru tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Karena itu, sebaiknya Anda melepaskan semua perhiasan sebelum pergi tidur malam.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 penyebab tidur malam pakai perhiasan justru buruk untuk kesehatan.

1. Mengganggu tidur

Tidur memakai kalung bisa membuat istirahat malam Anda terganggu, terutama ketika Anda tidur sering bolak-balik badan. Kalung mungkin akan melilit di leher Anda ketika tidur.

Jika kalung memiliki liontin, itu bisa melukai leher, wajah atau bagian tubuh Anda yang lain selama tidur. Jadi, pilihlah desain kalung yang tidak akan mengganggu tidur Anda dan lebih fleksibel.

Ilustrasi tidur (Unsplash/Gregory Pappas)
Ilustrasi tidur (Unsplash/Gregory Pappas)

2. Mengiritasi kulit

Beberapa bahan perhiasan yang digunakan untuk perhiasan, seperti nikel bisa menyebabkan reaksi alergi dan membuat kulit Anda gatal serta merah. Meskipun emas dianggap pilihan terbaik, tapi perhiasan emas tetap mengandung logam lain.

Bila Anda memiliki kulit sensitif dan rentan alergi, pastikan perhiasan Anda terbuat dari emas 14 karat atau lebih tinggi. Karat yang lebih tinggi berarti emas lebih murni dan kecil kemungkinannya menimbulkan reaksi.

3. Daun telinga kendor

Tidur menggunakan anting-anting bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat cuping telinga lebih Panjang. Jika Anda tidak pernah melepas anting-anting setiap kali tidur malam, daun telinga akan kehilangan elastisitasnya dan mulai kendur.

Pakai anting-anting di malam hari juga bisa menyebabkan bau tidak sedap. Ketika sebum yang disekresikan oleh kulit bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, itu bisa membuat tindakan berbau.

4. Penumpukan bakteri

Jika Anda kebiasaan tidak melepas perhiasan dan membersihkannya secara rutin, perhiasan bisa menjadi tempat berkembang biaknya kotoran dan bakteri. Cincin yang bersentuhan dekat dengan kulit juga bisa merangkap kelembapan, yang membuat lingkungan lebih baik untuk pertumbuhan bakteri.

5. Tangan membengkak

Jika Anda tidur memakai cincin semalaman, Anda mungkin akan memperhatikan tangan menjadi sedikit lebih besar atau bengkak. Karena, cairan menumpuk di dalam jaringan sehingga menyebabkan tangan bengkak.

Jika Anda tidur memakai cincin, maka Anda kesulitan melepas cincin di pagi hari. Anda bisa melepaskannya menggunakan sabun cair, minyak atau memasukkan tangan ke dalam air es.

Berita Terkait

Berita Terkini