Info

Mengapa Pria Jarang yang Punya Sahabat Dibanding Wanita? Ini Jawabannya!

Persahabatan pria dan wanita didasarkan pada dinamika yang berbeda.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi pria - (Unsplash/Corey Watson)
Ilustrasi pria - (Unsplash/Corey Watson)

Himedik.com - Dalam banyak hal, pria dan wanita memiliki perbedaan yang menonjol. Tetapi bukan berarti salah satu jenis kelamin tersebut lebih baik daripada yang lainnya. Bahkan, perbedaan ini muncul dalam cara mereka menjalin hubungan dengan orang lain.

Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Adaptive Human Behavior and Physiology, mencatat satu fitur umum dari sebuah hubungan dekat adalah kesamaan, orang cenderung menciptakan hubungan dengan orang-orang yang seperti mereka.

Peneliti merekrut 260 peserta berusia antara 18 dan 80 tahun untuk mengisi kuesioner online yang menanyakan tentang hubungan dekat mereka. Para peserta menyelesaikannya untuk dinilai tingkat keintiman dalam hubungan romantis dan persahabatan mereka.

Selanjutnya peneliti memeriksa bagaimana kesamaan setiap sifat berkontribusi pada tingkat keintiman dalam suatu hubungan. Menariknya, perbedaan jenis kelamin muncul di sini.

Pada wanita, mereka lebih mencari kesamaan dalam hubungan romantis daripada kelompok pria, lapor Psypost.

Ilustrasi pertemanan (pixabay.com/StockSnap)
Ilustrasi pertemanan (pixabay.com/StockSnap)

Wanita menilai keintiman hubungan romantis lebih tinggi ketika mereka dan pasangan lebih mirip dalam hal keuangan, ketergantungan, keramahan dan kebaikan.

Sedangkan pada pria, keintiman hubungan romantis tidak secara signifikan berkaitan dengan kesamaan pasangan pada salah satu ciri. Artinya, mereka tidak condong ke ciri tertentu.

"Terlepas dari semua kesamaan, kedua jenis kelamin ini hidup di dunia sosial yang agak berbeda. Mereka memiliki minat yang berbeda, fokus yang berbeda, dan gaya sosial yang berbeda," kata penulis studi Robin IM Dunbar, profesor psikologi evolusioner di Universitas Oxford.

Dinamika persahabatan pria dan wanita pun cukup berbeda. Persahabatan wanita terintim ketika mereka dan sahabatnya paling mirip dalam hal yang tampaknya memengaruhi kualitas hubungan itu sendiri, seperti pendidikan, humor, dan kebahagiaan.

Untuk pria, persahabatan dekat justru ketika mereka paling mirip dalam hal yang memengaruhi keterlibatan aktivitas sosial, seperti keuangan, keramahan, dan hubungan sosial.

Dunbar mencatat perbedaan ini dapat mencerminkan fakta bahwa wanita lebih suka bersosialisasi satu lawan satu sedangkan pria lebih suka bersosialisasi dalam kelompok.

Selain itu, persahabatan sesama jenis lebih umum (78% di antara responden laki-laki dan 85% pada responden wanita) daripada persahabatan berbeda jenis kelamin.

Penemuan ini menambah bukti bahwa pria dan wanita memiliki pandangan yang cukup berbeda tentang persahabatan. Ketika wanita banyak memiliki sahabat sekaligus pasangan, pria cenderung banyak yang punya pasangan tetapi tidak memiliki sahabat.

Menurut peneliti, ini juga mendukung bukti bahwa lingkaran sosial luas yang mencakup kumpulan pertemanan biasa, sedangkan wanita cenderung memiliki lingkaran sosial yang lebih kecil tetapi sangat dekat.

Berita Terkait

Berita Terkini