Info

Pilihan Kopi Favorit Bisa Gambarkan Kondisi Jantung Anda, Ini Kata Peneliti

Jenis kopi yang menjadi pilihan favorit seseorang bisa menandakan masalah kesehatan jantungnya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Minum kopi (Pixabay/cocoparisienne)
Minum kopi (Pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Ada berbagai jenis kopi yang memiliki tingkat takaran kafein berbeda-beda. Para peneliti juga menemukan jenis kopi yang menjadi favorit seseorang bisa mencerminkan kesehatan jantung mereka.

Secara naluriah, orang yang secara alami rentan terhadap masalah kardio tertarik pada minuman yang lebih ringan atau kadar kafein dalam kopi yang lebih kecil.

Tapi, orang yang suka minum kopi hitam dan espresso biasanya memiliki tekanan darah lebih baik. Para peneliti mengatakan halini menunjukkan bahwa kopi pilihan kita terhubung ke DNA.

Profesor Elina Hypponen, mengatakan genetika inilah yang memandu keputusan kita memilih kopi favorit untuk melindungi kesehatan kardio. Jika tubuh Anda tidak ingin minum secangkir kopi tambahan, kemungkinan ada penyebabnya.

"Jadi, ikuti apa yang dibutuhkan tubuh Anda agar lebih selaras dengan kondisi kesehatan Anda," kata Profesor Elina Hypponen dikutip dari The Sun.

Ilustrasi minum kopi (Unsplash/@taylormae)
Ilustrasi minum kopi (Unsplash/@taylormae)

Temuan mengenai pilihan kopi favorit dengan kondisi kesehatan seseorang ini berasal dari studi terhadap 390 ribu orang oleh University of South Australia.

Sedangkan, orang yang memilih susu latte atau cappuccino ternyata tubuhnya kurang toleran terhadap kafein. Mereka juga mungkin memiliki kondisi jantung yang lebih lemah.

Sementara, orang yang lebih suka kopi tanpa kafein atau tidak suka minum kopi cenderung mengalami tekanan darah tinggi, angina dan aritmia jantung.

Kafein memang bisa membuat Anda lebih waspada atau konsentrasi, tapi efek sampingnya termasuk insomnia dan kecemasan.

Berita Terkait

Berita Terkini