Info

Kapan Waktu Tepat Suntik Vaksin setelah Sembuh dari Virus Corona Covid-19?

Pasien yang sembuh dari virus corona Covid-19 harus suntik vaksin.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Suntik vaksin merupakan salah satu tindakan pencegahan virus corona Covid-19. Tak hanya dibutuhkan orang sehat, tetapi juga pasien virus corona Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh.

Sistem kekebalan Anda pasti sudah bekerja keras melawan virus corona Covid-19 ketika tubuh terinfeksi. Tapi, Anda mungkin belum tahu sejauh mana virus corona memengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh merespons vaksin Covid-19.

Karena itu, Anda harus menunjukkan beberapa waktu untuk suntik vaksin Covid-19 setelah sembuh dari virus corona. Lgai pula, suntik vaksin Covid-19 ketika tubuh masih belum sembuh total juga tidak akan baik.

Sebab, kondisi kesehatan menjadi hal pertama yang harus dipastikan sebelum suntik vaksin Covid-19. Suntik vaksin Covid-19 dalam kondisi tubuh sedang sakit mungkin akan mempengaruhi efektivitasnya.

"Dengan pergi ke lokasi vaksinasi saat sakit akan berpotensi membuat semua orang di sekitar Anda terpapar virus corona. Jadi, jangan menjadi orang yang menyebarkan wabah," jelas para ahli dikutip dari Forbes.

Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)

Apalagi virus corona Covid-19 bisa memberikan dampak kesehatan jangka panjang yang serius dan berpotensi mengancam jiwa.

Saat Anda terinfeksi virus corona Covid-19 atau sindrom pernapasan akut yang parah, Anda harus menghindari orang lain dan isolasi diri sampai Anda tidak lagi bisa menularkan virus dalam tubuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Anda harus menunda suntik vaksin Covid-19 setidaknya 10 hari sejak gejala pertama muncul dan minimal 24 jam tanpa demam maupun obat penurunan demam.

Berita Terkait

Berita Terkini