Info

Kadar Gula Terjaga di Hari Raya, Yuk Lakukan 5 Tips Sehat Berikut

Waspada kadar gula, berikut tips tetap sehat selama hari raya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ucapan Selamat Idul Fitri. (Suara.com/Iqbal Asaputro)
Ucapan Selamat Idul Fitri. (Suara.com/Iqbal Asaputro)

Himedik.com - Selain bermaaf-maafan, Hari Raya Idulfitri juga identik dengan pesta makan enak mulai dari opor, rendang, ketupat, dan lain sebagainya. Sayangnya, perayaan makan-makan yang biasanya diisi dengan makanan berat berlemak ini bisa memicu masalah untuk kesehatan, termasuk kadar gula darah Anda.

Oleh karena itu melansir dari Diabetesqld, berikut beberapa tips menjaga kadar gula selama hari raya, antara lain:

1. Kontrol Porsi

Menjaga porsi makan akan membantu mencegah makan berlebihan. Usahakan untuk tidak menumpuk makanan di piring sebagai ajang balas dendam setelah berpuasa sebulan penuh.

2. Kendalikan Asupan Manis

Cobalah untuk konsumsi beberapa kurma kering yaitu buah kering sebelum Anda mulai konsumsi makanan manis lainnya. Ini akan membantu Anda memuaskan rasa manis Anda agar tak makan kue manis berlebihan.

3. Segera Tinggalkan Meja Makan Usai Makan

Setelah Anda menikmati bagian kelezatan Idulfitri, tinggalkan meja makan sesegera mungkin setelah Anda selesai makan. Hal ini bisa membuat Anda tidak tergoda untuk mencoba lebih banyak makanan manis yang dapat ditampung oleh kadar glukosa darah atau perut Anda.

Ilustrasi makan daging. (Unsplash/Eduardo D)
Ilustrasi makan daging. (Unsplash/Eduardo D)

4. Banyak Gerak

Berjalan-jalan di sekitar blok secara positif dapat memengaruhi suasana hati Anda dan membantu mengelola nafsu makan. Olahraga melepaskan hormon baik yang dapat membuat Anda merasa segar kembali dan menjaga diabetes Anda tetap terkendali.

Olah raga meningkatkan pengambilan glukosa oleh otot dan sensitivitas insulin tubuh, sehingga insulin memiliki efek yang lebih besar dalam menurunkan BGL baik selama maupun setelah olah raga.

5. Banyak Minum

Minum air putih penting untuk mencegah dehidrasi setelah puasa berkepanjangan. Ini sangat penting setelah makan yang manis karena ginjal akan menggunakan air untuk mengeluarkan gula dari sistem. Usahakan minum satu cangkir air setiap jam.

Berita Terkait

Berita Terkini