Info

Harus Rutin Dibersihkan, 5 Benda Rumahan Berikut Bisa Jadi Sarang Penyakit

Lima benda berikut perlu segera dibersihkan karena bisa menjadi sarang penyakit.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

ilustrasi bantal tidur. (Pixabay/C_Scott)
ilustrasi bantal tidur. (Pixabay/C_Scott)

Himedik.com - Berbagai benda rumahan yang Anda kira aman bisa menjadi sarang penyakit jika tak sering dibersihkan. Sebab, beberapa barang-barang di rumah Anda bisa mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa barang di rumah yang bisa memicu penyakit, antara lain:

1. Bantal

Jika Anda memiliki gejala alergi atau asma yang tidak dapat dijelaskan dari mana asalnya, maka bantal bisa jadi penyebabnya.

Hal ini disebabkan karena bantal cenderung menampung tungau debu, penyebab paling umum dari alergi dan asma non-musiman. Tungau debu memakan serpihan kulit manusia yang dapat ditemukan jauh di dalam bantal Anda.

Jika Anda alergi terhadap tungau dan produk limbahnya, maka itu bisa menjadi penyebab gejala asma.

Untuk mengurangi paparan tungau debu, kebiasaan yang sehat adalah menutupi bantal dengan penutup ritsleting dan tahan debu untuk mencegah masuknya tungau yang ada dan mencegah masuknya tungau baru.

2. Riasan Mata

Riasan mata dapat membahayakan kesehatan Anda, menyebabkan infeksi mata atau cedera. Jika Anda berbagi riasan mata atau menggunakannya terlalu lama, maka bisa terkontaminasi bakteri atau jamur.

Untuk menghindari sakit, cuci tangan Anda sebelum mengaplikasikan riasan mata, hindari berbagi atau menggunakan sampel bersama di konter kosmetik, dan buang riasan mata setelah dua hingga empat bulan.

3. Keyboard Komputer

Kotoran dan bakteri dapat bersembunyi di banyak tempat, salah satunya keyboard komputer Anda. Para peneliti telah menemukan bahwa meja kerja memiliki 21.000 kuman per inci persegi, dibandingkan dengan 49 kuman per inci persegi di dudukan toilet kantor.

Selain meja dan telepon Anda, hal-hal yang membuat Anda sakit dapat mencakup keyboard komputer, tempat yang kemungkinan besar terkena kuman karena Anda terlalu sering menyentuhnya.

Agar tetap sehat, cuci tangan secara teratur, hindari menyentuh mulut dan hidung, dan gunakan pembersih berbasis alkohol untuk membersihkan keyboard Anda.

4. Parfum

Jika Anda mengalami iritasi kulit atau masalah kulit lainnya, bisa jadi parfum yang Anda gunakan adalah penyebabnya. Lebih dari 5.000 parfum adalah penyebab utama masalah kulit.

Ilustrasi Parfum. (freepik)
Ilustrasi Parfum. (freepik)

5. Spons Pembersih

Meskipun spons sebagai alat untuk menjaga kebersihan, namun spons sebenarnya adalah benda paling kotor di rumah Anda.

Spons, terutama yang digunakan di dapur, dianggap sebagai penyumbang utama penyakit bawaan makanan. Hal ini disebabkan karena spons menyediakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Untuk membantu mencegah penyebaran bakteri, praktikkan kebiasaan sehat menggunakan handuk kertas atau serbet bersih (yang dapat dibuang ke mesin cuci setelah digunakan) daripada menggunakan spons.

Berita Terkait

Berita Terkini