Info

Mau Kontrol Kolesterol, Yuk Konsumsi Makanan Ringan Berikut

Beberapa makanan berikut bisa membantu Anda mengontrol kadar kolesterol.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)

Himedik.com - Kolesterol dapat disebut sebagai zat mirip lemak lilin yang ditemukan di semua sel tubuh. Low-density lipoprotein ( LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat sedangkan high-density lipoprotein (HDL) adalah kolesterol baik. 

Melansir dari Healthshots, LDL adalah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah seseorang. Ini meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung atau stroke. 

"Konsumsi makanan hewani berlemak tinggi secara berlebihan seperti daging, telur, dan produk susu dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda," saran Dr Aparna Govil Bhasker, ahli bedah laparoskopi dan bariatrik, Rumah Sakit Saifee, Mumbai.

Untuk menjaga kadar kolesterol apalagi setelah leberan lebaran, berikut cara mengendalikan kolesterol dengan makanan ringan, antara lain:

1. Oat

Salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol adalah oat. Oat mengandung sejenis serat larut yang dikenal sebagai beta glukan yang membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Kacang-kacangan 

Kacang mengandung serat larut yang membantu mengurangi kolesterol jahat. Almond, walnut, dan kacang tanah baik untuk kesehatan jantung Anda, tapi hanya bila dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Kacang-kacangan tersbeut bahkan dapat membantu Anda menurunkan kadar LDL dan trigliserida Anda.

3. Buncis 

Buncis padat protein nabati dan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)

4. Buah

Apel, stroberi dan anggur mengandung pektin, sejenis serat larut yang menurunkan kadar kolesterol.

5. Kedelai

Tahu atau susu kedelai tinggi protein dan serat dan membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

6. Ikan berlemak

Varietas ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel dapat dimakan sebagai pengganti daging. Ikan berlemak juga kaya akan asam lemak omega-3.

Berita Terkait

Berita Terkini