Info

Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Kunjungi Taman Kota

Ada beberapa manfaat kesehatan yang diberikan oleh taman kota, apa saja sih?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi taman (Unplash/joyce huis)
Ilustrasi taman (Unplash/joyce huis)

Himedik.com - Para peneliti dari Universitas Stanford menunjukkan bahwa taman kota dapat meningkatkan kesehatan Anda. Penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Melansir dari Healthshoots, penelitian ini menjabarkan bagaimana akses ke alam meningkatkan aktivitas fisik orang dan juga kesehatan secara keseluruhan masyarakat kota.

"Kami telah belajar betapa berharganya  menghabiskan waktu di luar ruangan di alam, terutama bagi penduduk kota," kata penulis utama studi Roy Remme, seorang peneliti pascadoktoral di Proyek Modal Alam Stanford pada saat penelitian.

"Kami ingin membantu perencana kota memahami di mana ruang hijau dapat mendukung kesehatan masyarakat dengan baik, sehingga setiap orang dapat menerima manfaat alam," imbuhnya.

Taman, danau, pepohonan, dan ruang hijau perkotaan lainnya meningkatkan aktivitas fisik dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kontribusi alam bersifat multidimensi , dapat mendukung kesejahteraan kognitif, emosional dan spiritual, serta kesehatan fisik.

Ilustrasi Taman di Wina, Austria. (Pixabay.com/danielavaskova)
Ilustrasi Taman di Wina, Austria. (Pixabay.com/danielavaskova)

"Pengalaman alam meningkatkan memori, perhatian dan kreativitas serta kebahagiaan, keterlibatan sosial dan rasa makna dalam hidup," kata Gretchen Daily, penulis senior pada makalah dan direktur fakultas dari Proyek Modal Alam Stanford.

"Mungkin tidak mengejutkan kita bahwa alam merangsang aktivitas fisik, tetapi manfaat kesehatan yang terkait benar-benar cukup mencengangkan," imbuhnya

Para peneliti berharap studi baru ini akan melengkapi para perencana kota dengan pemahaman yang lebih lengkap tentang manfaat yang dapat diberikan alam kepada masyarakat mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini