Info

Tanda Pencernaan Sehat, Berapa Kali Sih Harusnya BAB dalam Sehari?

Adakah patokan frekuensi BAB setiap harinya?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Anak Takut ke Kamar Mandi, Ibu Ini Lakukan Cara Jenius
Anak Takut ke Kamar Mandi, Ibu Ini Lakukan Cara Jenius

Himedik.com - Para ahli menyatakan bahwa buang air besar tiap orang berbeda-beda, yang terpenting adalah konsistensinya.

"Di pagi hari, ketika kita pertama kali bangun, jam alarm internal berbunyi di usus besar kita, dan usus besar mulai berkontraksi lebih kuat," kata ahli gastroenterologi Dr. Sarina Pasricha seperti yang dikutip dari Fatherly

"Faktanya, usus besar berkontraksi dan meremas tiga kali lebih keras pada jam pertama kita bangun dibandingkan saat kita tidur," imbuhnya. 

Rutinitas pagi hari seperti peregangan, minum air atau kopi membantu memperlancar pencernaan seiring dengan memicu buang air besar pertama. Sekitar 30 persen orang melaporkan ingin buang air besar setelah minum secangkir kopi panas.

Tetapi jika Anda tidak buang air besar setiap pagi, dokter menyatakan untuk jangan khawatir. Tidak semua orang ingin buang air besar setiap pagi dan tidak ada patokan berapa kali Anda harus buang air besar dalam sehari. 

Melansir dari Fatherly, hal yang perlu Anda waspadai adalah perubahan mendadak pada seberapa sering Anda buang air besar. Diare pagi hari bisa normal, tetapi jika terjadi setiap hari, Anda harus memeriksakan diri ke dokter karena ini bisa menandakan masalah. 

Ilustrasi tidak rutin buang air besar bisa menyebabkan masalah pencernaan. (Shutterstock)
Ilustrasi tidak rutin buang air besar bisa menyebabkan masalah pencernaan. (Shutterstock)

"Biasanya waktu terbaik untuk buang air besar adalah di pagi hari. Namun, sebagian orang mungkin tidak BAB di pagi hari dan belum tentu ada masalah," kata Pasricha. 

"Tidak apa-apa untuk tidak buang air besar di pagi hari selama orang buang air besar secara teratur setiap hari," imbuhnya.

Frekuensi buang air besar merupakan tanda kesehatan yang penting, berikut rutinitas BAB harian yang sehat, antara lain:

  • BAB setidaknya sekali sehari
  • BAB sekitar 30 menit setelah bangun adalah normal.
  • Jika Anda buang air besar lebih dari dua kali sehari, Anda harus memeriksakan diri ke dokter Anda (tiga kali seminggu sampai tiga kali sehari dianggap kisaran normal).
  • Jika Anda mengalami diare setiap pagi, Anda harus memeriksakan diri ke dokter karena ini adalah tanda umum radang usus. 

Berita Terkait

Berita Terkini