Info

Waspada, 3 Kondisi Ini Pertanda Infeksi Virus Corona Kian Memburuk

Infeksi virus corona Covid-19 yang semakin memburuk bisa memicu sejumlah gejala.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi penyebaran virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi penyebaran virus corona. (Shutterstock)

Himedik.com - Sekitar 80 persen infeksi virus corona Covid-19 cenderung bergejala ringan dan bisa pulih dengan perawatan di rumah. Tapi, virus corona Covid-19 juga bisa menyebabkan gejala parah hingga memengaruhi fungsi vital tubuh pada beberapa orang.

Kebanyakan orang mengalami gejala awal virus corona Covid-19 yang sama. Tapi, tingkat keparahannya kemungkinan besar baru terlihat pada hari ke-5, Khususnya bagi mereka yang memiliki risiko sama.

Tingkat keparahan gejala virus corona Covid-19 ini bisa terjadi akibat badai sitokin dalam tubuh, yang menyebabkan sistem kekebalan melepaskan tubuh otomatis mematikan sel-sel sehat. Sedangkan, faktor lain yang bisa meningkatkan keparahan adalah genetik dan komorbiditas.

Gejala virus corona Covid-19 yang semakin parah tentunya membutuhkan penanganan medis segera. Karena itu dilansir dari Times of India, semua orang perlu menyadari 3 gejala utama yang menandakan virus corona Covid-19 Anda sudah berkembang lebih buruk dan berbahaya.

Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)

1. Demam menetap

Demam adalah salah satu gejala umum infeksi virus corona Covid-19. Tapi, demam tinggi yang tidak turun setelah 4-5 hari setelah terinfeksi perlu diwaspadai. Menurut Dr Verghese, pasien virus corona harus sangat berhati-hati dengan lamanya demam berlangsung selama 7 hari pertama infeksi.

Jika mereka mengalami demam yang tidak pernah turun atau kembali lagi setelah 1-2 hari turun, maka kondisi itu bisa menjadi peringatan infeksi virus corona Covid-19 semakin buruk.

2. Batuk yang menyakitkan

Batuk yang terlalu kuat, terus-menerus dan menyakitkan bisa menjadi pertanda infeksi virus corona Covid-19 semakin parah.

Karena, batuk yang terlalu dalam, sakit dan tidak menghasilkan dahak bisa menjadi tanda peringatan paru-paru dan organ pernapasan terinfeksi akut.

Batuk terus-menerus disertai sesak napas dan iritasi juga bisa menjadi tanda pneumonia, yaitu infeksi pada kantung udara kecil di dalam tubuh. Batuk kering yang tidak mengeluarkan dahak juga gejala khas virus corona Covid-19.

3. Dada sesak

Ketidaknyamanan di dada atau dada sesak juga termasuk gejala virus corona Covid-19 yang harus diperhatikan. Sensasi nyeri, gangguan di dada atau hidung tersumbat itu gejala yang tidak boleh dianggap enteng.

Karena, virus corona Covid-19 yang sudah menyebar di sepanjang saluran pernapasan bagian bawah dan parah menimbulkan gejala sensasi terbakar di dada, dada sesak, mengi saat bernapas dan nyeri menusuk di sekitar dada.

Berita Terkait

Berita Terkini