Info

Sering Digunakan, Seberapa Baik Sih Micellar Water untuk Kesehatan Kulit?

Bagaimana manfaat micellar water untuk kesehatan kulit?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kesehatan kulit. (Pixabay/ivanovgood)
Ilustrasi kesehatan kulit. (Pixabay/ivanovgood)

Himedik.com - Micellar water adalah produk perawatan kulit yang dibuat menggunakan air dimurnikan, ini juga sering kali mengandung pelembap seperti gliserin dan surfaktan ringan (senyawa yang digunakan untuk membersihkan wajah). 

Molekul surfaktan ringan membentuk misel yang merupakan struktur kimia berbentuk bola di mana membantu mengekstraksi kotoran dan minyak dari kulit.

Produk ini menawarkan beberapa manfaat, karena lembut di kulit dengan kandungan alkohol yang minim. 

Micellar water dikenal untuk meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi iritasi hingga menghilangkan berbagi kotoran yang menempel di kulit.

Melansir dari Healtshots, berikut beberapa manfaat menguntungkan micellar water dalam menjaga kesehatan kulit, antara lain:

1. Membersihkan Menyeluruh

Micellar water membantu menjaga kulit tetap bersih dengan mengurangi jerawat, membuka pori-pori, dan menghilangkan noda. Kehadiran gliserin berfungsi sebagai bahan untuk meningkatkan permeabilitas kulit dan meningkatkan efektivitas senyawa pembersih dalam air misel. 

Selain itu, sebuah studi tentang formulasi pembersih yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan bahwa micellar water kompatibel dengan kulit karena dapat menghilangkan kotoran permukaan, minyak, dan riasan tanpa merusak pelindung kulit.

2. Meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi iritasi

Micellar water mengandung senyawa pelembap seperti gliserin yang membantu kulit mempertahankan kelembapan secara efektif. Gliserin efektif dalam memulihkan hidrasi kulit dan meningkatkan fungsi pelindung alami kulit yang selanjutnya meningkatkan penyembuhan luka dan mengurangi iritasi dan pembengkakan. 

Walaupun harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk perawatan kulit, namun produk ini secara khusus bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Micellar water memiliki kemampuan untuk menjaga pelindung kulit dan membantu memberikan efek pelembap. Itulah mengapa micellar water dapat digunakan oleh orang-orang dengan kondisi seperti rosacea, eksim, atau psoriasis.


3. Menjaga kulit tetap bersih dan halus

Menggunakan micellar water secara teratur dapat menghilangkan minyak berlebih atau kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan  jerawat. Menurut American Academy of Dermatology, micellar water efektif untuk mencegah jerawat dan mengobati jerawat karena dapat menghilangkan kotoran dan melepaskan sebum.

Berita Terkait

Berita Terkini