Info

Selain Menyakitkan Kulit Kering Bisa Mengganggu, Simak 5 Penyebabnya

Berikut lima hal paling umum yang menyebabkan kulit kering.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Kulit kering/Men Health India
Kulit kering/Men Health India

Himedik.com - Sama halnya dengan kulit berminyak, kulit kering juga bisa sangat mengganggu. Sebab terasa gatal, perih, hingga sulit untuk diaplikasikan riasan. Tak hanya itu, kulit kering juga bisa memicu kerutan. 

Melansir dari Everyday Health, kulit kering bisa muncul karena berbagai penyebab, antara lain:

1. Wewangian Menyebabkan Iritasi Kulit

Wewangian cenderung mengiritasi kulit kering atau memperburuk keadaan kulit yang telah kering. 

"Hindari deodoran dan produk perawatan kulit yang mengandung pewangi," kata Amy Forman Taub, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Northwestern Medicine di Lincolnshire, Illinois. Wewangian adalah salah satu sumber umum dermatitis kontak alergi.

2. Sabun 

Banyak sabun, deterjen, dan sampo mengurangi kelembapan kulit dan kulit kepala. "Ini karena (sabun) diformulasikan untuk menghilangkan minyak," kata Gretchen Frieling, MD, dokter kulit bersertifikat di Newton, Massachusetts. 

Penting untuk berhati-hati dalam memilih sabun wajah, sabun mandi, dan deterjen. 

3. Genetik

Peneliti mengatakan bahwa kulit kering dapat diwariskan secara genetik. Menurut sebuah penelitian, mutasi pada gen yang mengontrol produksi protein filaggrin berperan dalam membentuk dan menghidrasi sawar kulit di mana dapat menyebabkan beberapa kondisi kulit. 

"Carilah ceramide dan lipid dalam pelembab, yang membantu membangun dan memperkuat pelindung kulit," kata Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City.

Ilustrasi kesehatan kulit. (Elements Envato)
Ilustrasi kesehatan kulit. (Elements Envato)


4. Obat Jerawat dan Retinol 

Asam salisilat bisa bagus untuk mengobati jerawat, tetapi juga bisa mengeringkan kulit Anda saat pertama kali menggunakannya. Kulit kering juga merupakan efek samping umum retinol dan melonggarkan sel-sel di permukaan kulit.

"Kurangi frekuensi penggunaannya jadi menjadi dua hari sekali, pastikan Anda memilih pembersih lembut yang tidak memperparah masalah kulit kering," kata Dr. Forman Taub.

5. Udara Kering

Kadang-kadang udara kering di dalam rumah bisa membebani kulit  Anda seperti udara di luar. 

"Udara kering dapat menurunkan tingkat kelembapan, membuat kulit terasa kering dan gatal," kata Frieling. 

Berita Terkait

Berita Terkini