Info

Kelebihan Alat Tes Covid-19 Microchip Berbasis PCR: Murah dan Akurat

Peneliti mengatakan alat tes ini dapat diterapkan di lokasi terpencil, klinik dan bandara, karena kemudahan penggunaan dan portabilitasnya.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi rapid test corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi rapid test corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Seorang peneliti dari Universitas Simon Fraser, Kanada, telah memvalildasi alat tes Covid-19 yang dinilai lebih cepat dan murah. Menurut mereka alat tersebut dapat digunakan secara luas dan membantu pengujian secara cepat.

"Penelitian ini menawarkan alternatif yang lebih murah, lebih cepat, untuk alat tes paling andal dan sensitif yang digunakan di seluruh dunia tanpa mengorbankan sensivitas dan reproduktifitas," kata pemimpin tim kit uji Covid-19, Peter Unrau, profesor biologi molekuler dan biokimia, dilansir Eureakalert.

Para peneliti mengatakan alat tes tersebut dapat diterapkan di lokasi terpencil, klinik dan bandara, karena kemudahan penggunaan dan portabilitasnya.

Alat tes microchip berbasis polymerase chain reaction (PCR) ini dinilai dapat memberikan hasil yang akurat dalam 30 menit dan membutuhkan reagen 10 kali lebih sedikit daripada tes RT-PCR berbasis tabung.

Kekurangan rantai pasokan reagen dan alat uji selama pandemi virus corona telah memperlambat perluasan pengujian klinis yang cepat. Karenanya, alat ini dibuat menggunakan lebih sedikit reagen yang dibatasi pasokan untuk mencapai hasil yang cepat dan akurat.

Ilustrasi tes Covid-19. (alodokter.com)
Ilustrasi tes Covid-19. 

Unrau, bersama dengan kandidat PhD Razvan Cojocaru dan mahasiswa Master Iqra Yaseen, pertama kali mengevaluasi sensitivitas alat tes di lab.

Kemudian alat tes tersebut dikirim ke tim klinis di Rumah Sakit St. Paul di Vancouver, British Columbia, Kanada untuk menentukan kemampuannya dalam mendeteksi Covid-19 pada sampel pasien. Hasil tes kit microchip PCR Covid-19 selaras dengan hasil pengujian rumah sakit, menunjukkan keefektifannya.

Alat ini dilengkapi dengan primer dan probe Covid-19 sehingga mudah digunakan, mengurangi potensi kesalahan pengguna dan meningkatkan keandalan hasil pengujian.

Kit deteksi Covid-19 yang dikembangkan oleh Lumex Instruments Canada dan divalidasi oleh tim Unrau ini berdaya rendah (100 watt), ringkas, ringan, dan tersedia secara global.

Berita Terkait

Berita Terkini