Info

Infeksi Jamur Kuning Lebih Bahaya, Ini Bedanya dengan Jamur Hitam dan Putih

Infeksi jamur kuning dinilai lebih berbahaya dari jamur hitam dan jamur putih.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi pasien infeksi jamur. (Shutterstock)
Ilustrasi pasien infeksi jamur. (Shutterstock)

Himedik.com - Infeksi jamur kuning di India telah menimbulkan kekhawatiran di tengah kasus jamur putih dan jamur putih. Pasalnya, seorang pasien yang sembuh dari virus corona Covid-19 terinfeksi jamur kuning di Uttar Pradesh.

Karena, infeksi jamur kuning ini dinilai lebih berbahaya dibandingkan infeksi jamur hitam dan jamur hitam. Pasalnya, jamur kuning bisa menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh sehingga lebih sulit untuk diidentifikasi dan diobati penyakitnya.

Infeksi jamur kuning disebut juga mukor septik, yakni infeksi jamur yang tidak terjadi pada manusia tetapi kadal. Orang yang terinfeksi virus corona Covid-19, menggunakan pengobatan steroid dan memiliki kekebalan tubuh lemah sangat rentan terinfeksi jamur kuning.

Gejala infeksi jamur kuning sendiri berupa penurunan berat badan, nafsu makan berkurang, dan kelesuan. Tapi, kondisi ini bisa berubah lebih parah, seperti nanah, mata cekung, kegagalan organ, penyembuhan luka yang lama, dan nekrosis bila terdeteksi terlambat.

Dilansir dari Times of India, adapun penyebab infeksi jamur kuning adalah tingkat kelembapan di bawah 30-40 persen yang bisa mendorong pertumbuhan jamur. Selain itu, kebersihan yang buruk dan makanan basi juga bisa memicu pertumbuhan jamur ini.

Ilustrasi pasien infeksi jamur (Unsplash)
Ilustrasi pasien infeksi jamur (Unsplash)

Sebenarnya, jamur kuning bisa diobati dengan mudah bila terdeteksi tepat waktu. Sayangnya, pengobatan infeksi jamur kuning sering tertunda karena terlambat dideteksi dan memengaruhi bagian dalam tubuh.

Sejauh ini juga belum ada data yang jelas mengenai tingkat kematian akibat infeksi jamur kuning. Karena itu, infeksi jamur kuning dinilai lebih berbahaya dibandingkan jamur hitam dan jamur putih.

Sekarang ini, pengobatan jamur kuning hanya dari suntikan amphotericin B, yang merupakan obat antijamur untuk mengobati jamur hitam. Sementara itu, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari jamur kuning, antara lain:

  1. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
  2. Jangan mengonsumsi makanan basi
  3. Jaga kelembapan di dalam ruangan tetap terkendali, karena tingkat kelembapan yang terlalu tinggi bisa meningkatkan pertumbuhan jamur
  4. Penderita virus corona harus memulai pengobatannya lebih cepat untuk meminimalisir risiko komplikasinya.

Berita Terkait

Berita Terkini