Info

Varian Virus Corona Thailand Terdeteksi di Inggris, Bahayakah?

Inggris menemukan kasus varian baru virus corona dari Thailand.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Di tengah kasus strain India yang berlipat ganda dalam seminggu, Inggris menemukan kasus baru varian virus corona Covid-19 yang sedang diselidiki.  Publich Health England (PHE) mengungkapkan bahwa ada varian baru virus corona dengan nama C.36.3 di Inggris.

Varian baru virus corona C.36.3 ini pertama kali terdeteksi di Thailand, pada orang yang melakukan perjalanan dari Mesir. Varian virus corona ini juga ditemukan setelah PHE menyatakan varian virus corona Yorkshire sebagai varian dalam penyelidikan.

Sejauh ini, PHE telah mendeteksi 109 kasus varian baru virus corona Thailand di Inggris. Tetapi, para pejabat di Inggris menekankan bahwa tidak ada bukti kalau varian baru virus corona itu bisa memicu penyakit yang lebih parah.

Saat ini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa ketiga vaksin Covid-19 yang digunakan di Inggris tidak bisa melawan strain baru dari Thailand tersebut.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Di samping itu, mereka juga masih melakukan tes laboratorium untuk mempelajari dan memahami lebih dalam varian baru virus corona Thailand tersebut.

Namun dilansir dari The Sun, PHE tidak mengungkapkan di mana kasus varian virus corona Thailand itu terdeteksi di Inggris. Meski begitu, mereka mengatakan telah melakukan pengujian dan penelusuran untuk membatasi penyebarannya.

Kini, kasus varian virus corona India di Inggris sudah mencapai 6.959 orang dari yang sebelumnya 3.424 orang pada Minggu lalu. Artinya, kasus varian virus corona India ini menunjukkan peningkatan dua kali lipat dalam seminggu.

Berita Terkait

Berita Terkini