Info

Ada Varian Baru Virus Corona di Vietnam, Ini 7 Faktanya!

Vietnam mendeteksi varian baru virus corona yang merupakan mutasi dari strain Inggris.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Himedik.com - Baru-baru ini, Vietnam mendeteksi adanya varian baru virus corona Covid-19 yang merupakan hibrida dari strain yang pertama kali ditemukan di India dan Inggris.

Varian baru virus corona tersebut belum dicatat oleh GISAID, inisiatif global difokuskan pada berbagai informasi tentang virus dan varian baru namun belum memiliki nama.

Menteri Kesehatan Vietnam Nguyen Thanh Long tak membeberkan jumlah kasus yang sudah dilaporkan, tapi ia menyebut varian baru virus corona itu sangat berbahaya.

Sebelumnya, Vietnam mendeteksi 7 varian baru virus corona, antara lain B.1.222, B.1.619, D614G, B.1.17 dikenal sebagai varian Inggris dan B.1.351, A.23.1, B.1.617.2 dikenal sebagai varian India.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa hal yang perlu diketahui tentang varian virus corona Covid-19 di Vietnam:

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
  1. Varian virus corona tersebut menggabungkan karakteristik dari dua varian yang sudah ditemukan di India dan Inggris.
  2. Varian virus corona ini lebih mudah menular daripada varian sebelumnya yang sudah lebih dulu terdeteksi.
  3. Varian virus corona ini menyebar lebih cepat di udara.
  4. Konsentrasi virus corona di tenggorokan meningkat pesat dan menyebar kuat ke lingkungan sekitarnya.
  5. Vietnam akan segera mempublikasikan data genom tentang varian virus corona yang baru diidentifikasi.
  6. Kultur laboratorium dari arian tersebut telah menunjukkan bahwa virus bisa menggandakan dirinya dengan cepat, sehingga menyebabkan lonjakan kasus dalam waktu singkat.
  7. WHO telah mengklasifikasikan varian virus corona di India, Afrika Selatan, Brasil dan Inggris sebagai varian perhatian.

Perlu dipahami bahwa virus corona Covid-19 terus bermutasi sepanjang waktu dan sebagian besar varian baru tidak terlalu penting, tapi beberapa varian juga bersifat lebih menular daripada versi aslinya.

Sejak awal pandemi virus corona Covid-19, ribuan mutasi telah terdeteksi sampai sekarang. Tapi, belum ada bukti bahwa mutasi apapun dari virus corona Covid-19 yang bisa menyebabkan kondisi serius.

Namun, varian baru yang lebih menular dan sama berbahaya bisa menyebabkan lebih banyak kasus kematian pada orang yang belum mendapatkan vaksinasi.

Berita Terkait

Berita Terkini