Info

Benarkah Virus Corona Pengaruhi Menstruasi? Ini Kata Dokter Kandungan!

Dokter kandungan jelaskan soal hubungan virus corona dengan siklus menstruasi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)

Himedik.com - virus corona Covid-19 adalah penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan paru hingga infeksi jamur yang belakangan mengkhawatirkan serta efek samping lainnya. Tapi, banyak pula wanita yang mengaku alami perubahan frekuensi durasi, aliran dan intensitas menstruasi ketika terinfeksi virus corona.

Dr Loveleena Nadir, seorang ginekolog di Delhi, mengatakan sekarang ini hanya ada anekdot yang mendukung anggapan bahwa pola menstruasi bisa bervariasi akibat virus corona Covid-19. Artinya, masih belum ada penelitian medis yang mendukung hasil ini.

Menstruasi yang tidak teratur ini bisa dikaitkan dengan stres dan faktor terkait. Karena, virus corona Covid-19 telah mengakibatkan isolasi selama berminggu-minggu, karantina, pengurangan aktivitas fisik, perubahan pola diet, pengalaman psikologis yang menyakitkan, peningkatan tanggung jawab dan menyebabkan ketakutan hingga stres.

Bahkan dilansir dari Health Shots, beberapa penelitian merasakan ketidaknyamanan fisik yang bertambah dan berkurang sesuai dengan siklus bulanannya. Siklus menstruasi yang teratur bisa menunjukkan pemulihan dari gejala pasca-Covid-19.

Pembekuan yang tidak biasa dan pendarahan hebat adalah beberapa gejala lainnya. Periode menstruasi yang tidak teratur atau periode menstruasi yang berlangsung lama juga dialami wanita yang merasa infeksi virus corona berdampak pada kesehatan reproduksi mereka.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (Unsplash/CDC)

Sementara itu, stres akibat pandemi virus corona bisa mengganggu poros ovarium hipofisis hipotalamus. Bagian ini adalah sistem respons pusat tubuh yang menyebabkan peningkatan kadar kortisol, intoleransi hormonal dan ketidakteraturan dalam siklus menstruasi.

Sekarang ini, belum ada bukti atau kolerasi actual antara virus corona Covid-19 dan menstruasi. Penelitian dan studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan respons inflamasi bisa menyebabkan perubahan siklus menstruasi.

Namun, siklus menstruasi yang tidak teratur dalam satu atau dua kali tak perlu dikhawatirkan, kecuali kondisi ini berlanjut terus-menerus. Maka seseorang harus konsultasi dengan dokter kandungan.

Pada umumnya, dokter mengatakan siklus menstruasi yang tidak teratur adalah masalah reproduksi yang umum dialami wanita dan orang yang baru saja pulih dari virus corona Covid-19.

Karena itu, kesampingkan penyebab lain bila siklus menstruasi Anda tidak teratur dalam waktu 1 atau 2 minggu. Di sisi lain, setiap orang juga mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda.

Beberapa orang memperhatikan siklus menstruasinya tidak teratur setelah terinfeksi virus corona. Sedangkan, beberapa lainnya juga mengaku menstruasinya lebih berat setelah terinfeksi virus corona.

Faktanya, beberapa ahli memperdebatkan bahwa siklus menstruasi tidak teratur setelah infeksi virus corona mungkin merupakan mekanisme perlindungan evolusioner.

Berita Terkait

Berita Terkini