Info

Pandemi Covid-19 Belum Usai, Inggris Laporkan 2 Kasus Cacar Monyet!

Inggris melaporkan 2 kasus cacar monyet atau monkeypox di tengah kekhawatiran pandemi virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi cacar monyet (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi cacar monyet (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Virus cacar monyet atau monkeypox telah terdeteksi di Inggris. Sebelumnya, kasus cacar monyet ini telah terdeteksi di luar negeri sampai akhirnya menyebar ke orang lain di Inggris.

Sedangkan, Inggris masih berjuang melawan virus corona Covid-19. Tapi sekarang, Inggris justru melaporkan adanya kasus cacar monyet dan pejabat kesehatan setempat sedang memastikan virus tersebut tidak menyebar.

Menteri kesehatan Inggris, Matt Hancock membenarkan bahwa Inggris sedang menangani wabah cacar monyet ketika berpidato di Komite Pemilihan Kesehatan dan Sosial. Ia mengatakan pada dasarnya sistem pelacakan dan isolasi dibangun untuk wabah yang sangat penting.

"Saat ini saya sedang menangani wabah cacar monyet dan kasus TB yang resistan terhadap obat," kata Matt Hancock dikutip dari Express.

Kesehatan Masyarakat Wales mengonfirmasi 2 orang dari rumah tangga yang sama di Wales telah mengembangkan virus cacar monyet. Salah satu orang yang tertular penyakit tersebut berada di luar negeri.

Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock)
Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock)

Badan kesehatan itu mengatakan sekarang mereka sedang bekerjasama dengan Kesehatan Masyarakat Inggris dan dua orang yang menderita cacar monyet itu telah menjalani perawatan medis di rumah sakit di Inggris.

Salah satu dari orang yang terkena cacar monyet itu pun masih menjalani perawatan di rumah sakit. Kesehatan Masyarakat Wales pun menjelaskan risikonya kepada masyarakat luas

Apa itu cacar monyet?

Virus monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Sebagian besar kasus ini terjadi di Afrika, tetapi ada kasus cacar monyet yang juga dilaporkan terjadi di luar negeri.

Umumnya, infeksi cacar monyet ini hanya menyebabkan penyakit ringan yang akan membaik sendiri tanpa pengobatan. Tapi, beberapa orang mengalami gejala yang lebih serius dan harus menjalani perawatan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit yang gejalanya tidak terlalu parah dan gejalanya mirip dengan cacar biasa.

Berita Terkait

Berita Terkini