Info

Tak Cuma Susu, 4 Asupan Ini Juga Baik untuk Kesehatan Tulang

Berikut beberapa asupan lain yang tak kalah bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi susu. (Pixabay)
Ilustrasi susu. (Pixabay)

Himedik.com - Minum susu terkenal baik untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor. Susu juga dapat mengurangi faktor risiko osteoporosis dan menurunkan tingkat keropos tulang.

Memang beberapa faktor yang berhubungan dengan risiko Anda terkena osteoporosis, seperti genetika dan perubahan hormonal, tidak berada dalam kendali.

Namun, diet dan gaya hidup juga berperan dalam kesehatan tulang, sehingga Anda dapat membuat perubahan di area yang mendukung tulang sehat.

Selain susu, berikut beberapa asupan lain yang tak kalah bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang, dirangkum dari Verywell Health.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung polifenol, khususnya oleuropein, tirosol, dan hidroksitirosol. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pria yang mengikuti diet Mediterania yang termasuk minyak zaitun murni (setidaknya 50 mL/hari) menunjukkan lebih banyak penanda pembentukan tulang.

Studi lain menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepadatan mineral tulang pada orang yang memasukkan lebih banyak minyak zaitun dalam makanan mereka.

Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)

2. Alpukat

Di antara banyak nutrisi yang diberikan buah ini, ada satu yang khusus Anda butuhkan untuk kesehatan tulang: boron. Nutrisi ini membantu tubuh Anda menyerap magnesium dan meningkatkan vitamin D.

Setengah cangkir alpukat mentah dan potong dadu mengandung 1,07 miligram boron, menjadikannya salah satu sumber mineral utama terkaya yang dapat Anda ambil di lorong produksi.

3. Tomat

Antioksidan yang ditemukan dalam makanan yang secara alami berwarna merah dan merah muda seperti tomat, semangka, dan jambu biji dapat mengurangi pengeroposan tulang.

Likopen antioksidan unik yang memberi warna merah tersebut memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Kadar likopen yang lebih tinggi dikaitkan dengan berkurangnya pengeroposan tulang di tulang belakang.

4. Jamur shitake

Semua jamur mengandung beberapa vitamin D . Mirip dengan manusia, jamur secara alami menghasilkan vitamin D setelah terpapar sinar matahari atau lampu matahari.  Selain vitamin D, jamur shitake khususnya juga mengandung tembaga, nutrisi penting untuk kesehatan tulang. 

Berita Terkait

Berita Terkini