Info

Waspada, Empat Kebiasaan Bekerja Berikut Bikin Masalah Buat Kesehatan

Beberapa kebiasaan Anda saat bekerja bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Fita Nofiana

Ilustrasi bekerja . (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi bekerja . (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Kebiasaan Anda saat bekerja tanoa disadari bisa berefek pada kesehatan secara keseluruhan. Dalam hal ini, perubahan kebiasaan Anda saat bekerja perlu dimodifikasi agar kesehatan tetap terjaga. 

Melansir dari Eat This, berikut kebiasaan Anda dalam bekerja yang sedikit-sedikit bisa mengganggu kesehatan, antara lain:

1. Stres

Studi telah menemukan bahwa 83 persen orang Amerika yang bekerja menderita stres terkait pekerjaan. Jurnal Kesehatan & Keselamatan Kerja menyebutnya sebagai  sebagai krisis kesehatan nasional.

Stres dapat merusak sistem kekebalan Anda dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, untuk meminimalisir stres, Anda perlu tetapkan batasan pada hari kerja, istirahat, liburan secara teratur, berolahraga secara teratur dan berkomitmen untuk makan sehat. 

2. Ngemil

Saat ngemil di waktu kerja mungkin tidak terasa, padahal ini bisa pengaruhi kesehatan Anda mealui peningkatan berat badan. Para ahli menyarankan untuk selalu menyiapkan makanan ringan berprotein tinggi dan berserat tinggi seperti almond mentah, buah, atau sayuran. 

3. Duduk Sepanjang Hari

Para ahli kesehatan memperingatkan tentang bahaya terlalu banyak duduk. Mereka menyatakan bahwa risiko kesehatan yang diakibatkannya bisa lebih berat dibandingkan dengan merokok karena bisa pengaruhi kesehatan metabolik Anda. 

Anda disarankan untuk bangun dan berjalanlah setidaknya selama 20 detik setelah 20 menit duduk.

Ilustrasi bekerja sambil diawasi. (Pexels/Fauxels)
Ilustrasi bekerja sambil diawasi. (Pexels/Fauxels)

4. Postur yang Buruk

Postur tubuh yang buruk dapat membuat tubuh Anda sakit terutama leher dan punggung Anda. Untuk memastikan Anda memiliki postur yang baik saat bekerja, pastikan kursi Anda cukup tinggi sehingga paha Anda sejajar dengan lantai. 

Layar komputer Anda harus berada pada ketinggian yang sejajar dengan kepala. 

Berita Terkait

Berita Terkini