Info

Tak Hanya Virus Corona, 3 Penyakit ini juga Harus Diwaspadai!

Ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai, karena sama bahayanya dengan virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

virus corona Covid-19 atau orang sakit. (Pixabay)
virus corona Covid-19 atau orang sakit. (Pixabay)

Himedik.com - Sebagian besar orang sangat mengkhawatirkan virus corona Covid-19 selama setahun terakhir. Terlebih, sekarang bermunculan banyak varian virus corona Covid-19 yang lebih menular.

Sayangnya, banyak orang justru terlalu mengkhawatirkan virus corona Covid-19. Lalu, mereka lupa bahwa ada banyak penyakit lain yang harus diwaspadai karena tak kalah berbahaya.

Beberapa penyakit yang berbahaya itu berasal dari nyamuk, air hingga udara. Berikut ini dilansir dari Times of India, inilah 3 penyakit lain dari virus corona Covid-19 yang harus diwaspadai.

1. Malaria

Pada musim penghujan, banyak nyamuk berkembang biak. Akibatnya, hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit malaria. Malaria disebabkan oleh parasit bersel tunggal yang disebut plasmodium, yang merupakan salah satu masalah kesehatan utama selama musim hujan.

Jenis nyamuk penyebab penyakit ini berkembang biak di saluran air dan sungai. Orang yang menderita malaria biasanya mengalami demam tinggi selama beberapa hari.

Ilustrasi nyamuk (Pexels.com)
Ilustrasi nyamuk (Pexels.com)

2. Tipus

Tipus salah satu penyakit yang disebabkan oleh air dan menjadi masalah umum lainnya selama musim hujan. Penyakit ini sangat umum menyerang anak-anak, karena sistem kekebalan tubuh mereka lemah dan rentan tertular penyakit.

Penyakit tipus sendiri disebabkan oleh bakteri S. Typhi, yakni penyakit yang ditularkan melalui air dan menyebar karena sanitasi yang buruk. Konsumsi makanan yang terbuka atau minum air yang terkontaminasi adalah penyebab utama tipus.

3. Pilek dan flu

Karena sistem kekebalan lemah, anak-anak dan orang tua menjadi kelompok paling rentan terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui udara selama musim panas. Dua jenis penyakit yang paling umum ditularkan melalui udara adalah flu dan pilek.

Pilek dan flu adalah infeksi virus yang disebabkan oleh karena fluktuasi suhu mendadak selama musim hujan. Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat kita lebih rentan tertular infeksi ringan ini, biasanya disertai pilek, sakit tenggorokan, mata berair, demam dan kedinginan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini