Info

Baru Lagi, Vaksin Novavax Terbukti Efektif 90,4 Persen Lawan Virus Corona!

Vaksin Novavax telah terbukti 90,4 persen melawan virus corona Covid-19 pada uji coba fase 3.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Uji klinis fase 3 vaksin Novavax telah membuktikan bahwa vaksin Covid-19 ini memiliki tingkat efektivitas 90 persen secara keseluruhan. Vaksin Novavax ini juga menawarkan perlindungan 100 persen pada orang yang mengalami infeksi sedang hingga berat.

Perusahaan pembuat vaksin Novavax pun bermaksud mengajukan otorisasi FDA pada kuartal ketiga. Stanley C. Erck, presiden dan CEO Novavax, mengatakan bahwa vaksin buatannya akan selangkah lebih dekat untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 masyarakat global yang kritis.

"Hasil klinis ini memperkuat bahwa NVX-CoV2373 sangat efektif dan menawarkan perlindungan lengkap terhadap infeksi virus corona Covid-19 sedang hingga berat," kata Stanley dikutip dari Fox News.

Pihak Novavax pun terus bekerja di tengah urgensi untuk memberikan vaksin Novavax ini pada orang-orang supaya terlindungi dari virus corona Covid-19.

Uji cobaa fase 3 vaksin Novavax ini sendiri melibatkan hampir 30 ribu peserta usia 18 tahun ke atas di Amerika Serikat dan Meksiko. Data mereka menunjukkan 63 kasus virus corona Covid-19 terdeteksi pada orang yang menggunakan plasebo dan 14 kasus terjadi pada orang yang sudah vaksinasi.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Semua kasus yang diidentifikasi pada pada kelompok vaksin diklasifikasikan sebagai infeksi ringan. Sementara, 10 kasus Covid-19 pada kelompok plasebo tergolong sedang dan 4 kasus tergolong parah.

Vaksin Novavax juga menunjukkan kemanjuran lebih dari 93 persen terhadap varian virus corona yang menjadi perhatian dan varian virus corona yang menarik terdeteksi selama uji coba.

"Prevent-19 ini menegaskan bahwa vaksin NVX-CoV2373 menawarkan tolerabilitas dan profil keamanan yang meyakinkan," kata Gregory M. Glenn, MD, presiden penelitian dan pengembangan.

Data ini menunjukkan tingkat kemanjuran yang tinggi dan konsisten, serta menegaskan kembali kemampuan vaksin untuk mencegah virus corona Covid-19 di tengah evolusi genetik virus yang sedang berlangsung.

"Vaksin Novavax kami akan menjadi bagian penting dari solusi pandemi virus corona Covid-19. Kami berterima kasih kepada peserta studi dan staf uji coba yang membantu Penelitian ini," jelasnya.

Studi ini mencatat bahwa tidak ada istilah efek samping tunggal yang dilaporkan oleh lebih dari 1 persen peserta. Gejala lokal yang paling umum dilaporkan setelah suntikan vaksin Covid-19 pertama dan kedua adalah nyeri di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, dan nyeri otot.

Saat ini, uji klinis vaksin Novavax pada remaja usia 12-17 tahun sedang berlangsung. Perusahaan mengatakan akan berusaha mencapai kapasitas produksi 100 juta dosis per bulan pada akhir kuartal ketiga dan 150 juta dosis per bulan pada akhir kuartal keempat 2021.

Berita Terkait

Berita Terkini