Info

Bukan Soal Usia, Ini Alasan Anda Sering Lupa Melakukan Sesuatu

Ada enam hal yang bisa menyebabkan lupa, dan tidak ada hubungannya dengan masalah usia.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi lupa. (unsplash)
Ilustrasi lupa. (unsplash)

Himedik.com - Sering kali kita lupa untuk melakukan sesuatu meski hanya berjarak beberapa menit. Seperti ingin mengambil cangkir tapi saat masuk ke dapur mendadak lupa sejenak harus mengambil apa. Kebiasaan sering lupa ini pun sering dikaitkan dengan usia.

Sebenarnya, itu adalah hal normal. "Sampai taraf tertentu, kehilangan ingatan adalah normal dalam masyarakat kita. Ketika tanggung jawab meningkat dan tingkat stres meningkat, kita cenderung mengabaikan beberapa hal yang dibutuhkan otak kita," kata Scott Noorda, DO, seorang dokter kedokteran keluarga dan ahli kesehatan otak di St. George, Utah,dikutip dari Live Strong.

Namun ia melanjutkan, jika Anda lupa bagaimana cara kembali pulang saat pergi ke toko, itu adalah hal yang berbeda. Atau jika Anda lupa mengapa Anda pergi ke rumah seseorang atau bagaimana mengenal mereka, itu perlu dikhawatirkan.

Berikut enam hal yang bisa menyebabkan lupa, dan tidak ada hubungannya dengan masalah usia.

1. Tidak mudah memusatkan perhatian

Ketika otak Anda melompat dari satu hal ke hal berikutnya, sulit untuk benar-benar fokus. "Untuk benar-benar belajar dan mengingat sesuatu, Anda harus memusatkan perhatian padanya," kata Dr. Noorda.

Terlebih lagi, kortisol (hormon stres) yang meningkat secara kronis membuat otak Anda dalam mode bertahan hidup, yang bekerja melawan kemampuan Anda untuk menyimpan ingatan baru, katanya.

2. Kurang tidur

Tidur tidak hanya membuat tubuh segar, terjaga, dan energik keesokan harinya. Tidur juga memainkan peran utama dalam konsolidasi memori, atau tindakan mengambil ingatan jangka pendek dan mengubahnya menjadi ingatan jangka panjang, kata Dr. kata Noorda. Jadi coba miliki jam tidur cukup setidaknya 7 jam.

3. Depresi

Orang yang mengalami depresi juga mengalami kinerja memori buruk dan kemampuan untuk informasi recall, mungkin karena peningkatan kortisol yang menyertai depresi, yang merupakan kondisi stres. Demikian menurut sebuah studi Januari 2018 di Psychological Medicine.

"Depresi mungkin adalah hal paling umum yang tumpang tindih dengan gangguan kognitif. Ketika Anda tidak dapat memikirkan apa pun selain berjuang melawan depresi, ingatan Anda dapat terpengaruh," kata Dr. Noorda.

4. Mengalami Infeksi

Meningitis, penyakit Lyme kronis, dan infeksi saluran kemih secara mengejutkan dapat bermanifestasi sebagai kabut otak dan masalah memori, kata Dr. Noorda.

Jika Anda memiliki gejala penyakit lain, seperti demam, kedinginan, mual atau muntah, atau rasa terbakar atau sering buang air kecil, segera temui dokter.

5. Tiroid

Tiroid adalah kelenjar di dasar leher yang membuat hormon untuk mengontrol banyak proses tubuh, termasuk metabolisme. Jika fungsi tiroid Anda melambat, suatu kondisi yang disebut hipotiroidisme, itu juga memengaruhi fungsi otak.

Sebuah penelitian yang sangat kecil dalam jurnal Thyroid Maret 2014 melihat MRI otak pada orang dewasa yang memiliki hypothyroidism dibandingkan dengan kontrol. Mereka yang berada dalam kelompok hipotiroid memiliki volume yang lebih sedikit di hipokampus kanan mereka, area otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori yang dikemas dengan reseptor tiroid.

6. Kekurangan Nutrisi

Semua jenis anemia, seperti kekurangan zat besi atau vitamin B12 , dapat bermanifestasi sebagai kabut otak dan pelupa, kata Dr. Noorda.

Bahkan, Juli 2020 Medicine studi tentang orang dewasa menemukan bahwa mereka yang memiliki tingkat vitamin B12 yang cukup tampil lebih baik pada memori dan tes kognitif lainnya.

Terlebih lagi, penelitian terakhir di The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan wanita muda yang sedang kekurangan zat besi mencetak buruk pada tugas-tugas kognitif dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat kecukupan gizi.

Berita Terkait

Berita Terkini