Info

Hubungan Percintaan Bisa Berefek pada Asupan Alkohol, Kok Bisa?

Pasangan yang sudah dalam hubungan serius cenderung minum lebih sedikit.

Fita Nofiana

Minum alkohol sebabkan 7 kanker mengerikan. (WKMS)
Minum alkohol sebabkan 7 kanker mengerikan. (WKMS)

Himedik.com - Orang yang sudah berada di hubungan serius lebih minim munum alkohol daripada mereka yang berada di hubungan kasual.  Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal Substance Use & Misuse.

Melansir dari Medicinenet, studi ini mencakup lebih dari 700 orang di daerah Seattle, berusia 18 hingga 25 tahun. Mereka mengisi survei setiap bulan selama dua tahun. 

"Orang dewasa muda bergeser begitu banyak dalam hal hubungan sosial sehingga memiliki data bulanan ini benar-benar memungkinkan kami untuk mengasah nuansa dan melihat perubahan ini dalam penggunaan alkohol tergantung pada situasi sosial," kata penulis studi Jennifer Duckworth, asisten profesor di Departemen Pengembangan Manusia Universitas Negeri Washington.

"Idenya adalah untuk memahami apakah orang dewasa muda mungkin melihat alkohol sebagai cara untuk memfasilitasi hubungan. Mereka mungkin berpikir tentang alkohol sebagai cara untuk membuat nongkrong lebih mudah atau lebih menyenangkan," kata Duckworth dalam rilis berita universitas.

Para peneliti melacak peserta penelitian ketika mereka pindah dan keluar dari status hubungan yang berbeda.

"Misalnya, satu bulan, seseorang mungkin tidak tertarik pada kencan dan penggunaan alkohol mereka cenderung lebih rendah. Kemudian, jika mereka mulai berkencan, penggunaan alkohol cenderung lebih tinggi," kata Duckworth.

"Namun jika seorang memiliki hubungan jangka menengah hingga serius, mereka mungkin memiliki minat yang lebih sedikit untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman dan minum alkohol. Dan ketika persahabatan menjadi lebih penting, kami menemukan penggunaan alkohol cenderung lebih tinggi," imbuhnya. 

Ilustrasi minuman beralkohol, sampanye. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman beralkohol, sampanye. (Shutterstock)


Orang dewasa muda memiliki lebih banyak penggunaan alkohol berisiko tinggi daripada kelompok umur lainnya. Penulis penelitian mengatakan bahwa tujuan keseluruhan dari penelitian ini adalah untuk memahami penggunaan alkohol pada orang dewasa muda.

"Memahami apa yang terjadi dalam hidup mereka, kita dapat fokus pada intervensi yang membantu mendidik orang dewasa muda tentang apa yang memotivasi perilaku mereka," ujar Duckworth.

Berita Terkait

Berita Terkini