Info

Kecil tapi Banyak Nutrisi, Ketahui Manfaat Kesehatan Biji Wijen

Meski ukurannya mungil, biji wijen bisa menjadi sumber nutrisi yang baik, lho.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi biji wijen. (Pixabay)
Ilustrasi biji wijen. (Pixabay)

Himedik.com - Taburan biji wijen kerap kita temui di berbagai masakan, seperti di atas roti burger, gimbab, salad dan lain sebagainya. Walau kerap hanya dipandang sebagai garnish atau mempercantik tampilan masakan, biji wijen nyatanya baik untuk asupan nutrisi.

Biji wijen memiliki nilai gizi tinggi dan menawarkan banyak manfaat kesehatan yang terkait untuk membantu mencegah penyakit serta meningkatkan kondisi kesehatan yang ada.

Berikut adalah beberapa manfaat biji wijen pada kesehatan jika dikonsumsi secara teratur, dirangkum dari Healthline.

1. Sumber vitamin B yang baik

Biji wijen merupakan sumber yang baik dari vitamin B tertentu, yang didistribusikan baik dalam lambung dan unggulan. Vitamin B yang penting untuk banyak proses tubuh, termasuk fungsi sel yang tepat dan metabolisme. Tiga sendok makan (30 gram) biji wijen yang dikuliti menyediakan 19% B1, 8% B3, dan 14% B6.

2. Sumber serat yang baik

Tiga sendok makan (30 gram) biji wijen yang tidak dikupas menyediakan 3,5 gram serat, yang merupakan 12% dari Referensi Asupan Harian (RDI). Serat sudah terkenal untuk mendukung kesehatan pencernaan . Selain itu, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa serat mungkin berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung, kanker tertentu, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Biji wijen. (Shutterstock)
Biji wijen. (Shutterstock)

3. Mengontrol gula darah

Biji wijen rendah karbohidrat sementara tinggi protein dan lemak sehat - yang semuanya dapat mendukung kontrol gula darah.

Selain itu, biji ini mengandung pinoresinol, senyawa yang dapat membantu mengatur gula darah dengan menghambat aksi enzim pencernaan maltase. Maltase memecah gula maltosa , yang digunakan sebagai pemanis untuk beberapa produk makanan.

4. Antioksidan

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa mengonsumsi biji wijen dapat meningkatkan jumlah keseluruhan aktivitas antioksidan dalam darah Anda.

Lignan dalam biji wijen berfungsi sebagai antioksidan , yang membantu melawan stres oksidatif, reaksi kimia yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko banyak penyakit kronis.

Selain itu, biji wijen mengandung bentuk vitamin E yang disebut gamma-tocopherol, antioksidan yang sangat melindungi terhadap penyakit jantung.

5. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Biji wijen adalah sumber yang baik dari beberapa nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda, termasuk seng, selenium, tembaga , zat besi, vitamin B6, dan vitamin E. Biji wijen memasok sekitar 20% RDI untuk seng dalam porsi 3 sendok makan (30 gram).

Berita Terkait

Berita Terkini