Info

Jangan Kurang Minum, Berikut Lima Efek Dehidrasi yang Ganggu Fungsi Tubuh

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Fita Nofiana

minum air untuk mengurangi dehidrasi (shutterstock)
minum air untuk mengurangi dehidrasi (shutterstock)

Himedik.com - Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa berefek pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Dalam hal ini penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun di mana Anda kehilangan 1 persen hingga 2 persen air tubuh sudah bisa menganggu sedikit fungsi tubuh

Melansir dari Huffpost, berikut tanda tubuh mengalami dehidrasi, antara lain:

1. Napas Bau dan mulut kering

Dehidrasi bisa memicu bau mulut sekaligus kering. Saat Anda mengalami dehidrasi, Anda tidak menghasilkan banyak air liur, yang membantu memecah makanan dan membilasnya dari mulut Anda.

"Berkurangnya tindakan pembersihan air liur memungkinkan bakteri tumbuh, menyebabkan bau mulut," kata Melissa Leber, seorang dokter pengobatan darurat di Mount Sinai Morningside di New York City.

Mulut kering juga bisa menjadi tanda potensial dehidrasi, meskipun tidak selalu. 

Ilustrasi. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (sumber: Shutterstock)

2. Kejang otot atau kram

Para ahli berpikir bahwa salah satu alasan orang mengalami kram otot saat berolahraga adalah dehidrasi dan penipisan elektrolit. Kondisi ini memperlihatkan bahwa tubuh Anda tidak memiliki cukup mineral penting seperti natrium dan kalium. 

Mineral tersebut membantu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh Anda dan juga mengontrol fungsi sistem saraf.

3. Sakit kepala

Sakit kepala adalah tanda yang sangat umum dari dehidrasi ringan hingga sedang. Dehidrasi juga dapat memicu episode migrain. 

Para peneliti telah mencatat bahwa dehidrasi sebenarnya dapat mengecilkan jaringan otak untuk sementara di mana penyusutan itu dapat menyebabkan rasa sakit.

4. Kencing berwarna gelap

Salah satu cara mudah mendiagnosis dehidrasi adalah menguji urin pasien untuk melihat apakah terlalu pekat, kata Leber. Ini juga dapat membantu untuk melakukan pemeriksaan yang mudah di rumah.

"Jika warnanya kuning pucat, Anda terhidrasi. Jika warnanya kuning lebih gelap, saatnya untuk minum segelas air. Secara umum, semakin banyak Anda minum, semakin jernih air kencing Anda," catat Mayo Clinic.

5. Merasa lelah

Hidrasi membantu tubuh Anda mengirimkan nutrisi penting ke sel-sel dan membuat organ Anda melakukan apa yang benar-benar perlu dilakukan. Tidak mendapatkan cukup air untuk melakukan fungsi-fungsi ini dapat membuat Anda merasa lelah. 

Berita Terkait

Berita Terkini