Info

Mengalami Hal Ini? Tanda Kurang Makan Sayur!

Berikut tanda-tanda yang menunjukkan Anda kurang makan sayur.

Yasinta Rahmawati

Salad sayur.
Salad sayur.

Himedik.com - Sayuran mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat makanan yang menyehatkan. Mengonsumsi sayur sesuai takaran kebutuhan per harinya bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes hingga jantung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan setiap orang mengonsumsi 400 gram sayuran dan buah per hari. Takaran tersebut terbagi atas 250 gram sayur dan 150 gram buah. 250 gram asupan sayur per hari setara dengan mengonsumsi dua porsi atau 2 gelas sayur yang dimasak dan ditiriskan.

Dirangkum dari Boldsky, berikut tanda-tanda yang menunjukkan Anda kurang makan sayur.

1. Sering Lelah

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, itu bisa jadi itu adalah kekurangan folat atau asam folat. Kekurangan folat menyebabkan kelelahan dan anemia. Ini juga berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA.

Folat atau asam folat adalah vitamin B9 yang dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua seperti kacang merah, asparagus, lentil, bayam, dan lainnya.

Ilustrasi lelah, malas. (Unsplash)
Ilustrasi lelah, malas. (Unsplash)

2. Berat Badan Cepat Bertambah

Sayuran dikemas dengan serat makanan yang membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak merasa lapar di kemudian hari. Mengonsumsi sayuran rendah kalori akan mengurangi rasa lapar sekaligus memberi Anda nutrisi penting. Ini akan membantu untuk tidak menambah kalori sekaligus menjaga kesehatan Anda.

3. Mudah Memar

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang lebih sedikit dapat menyebabkan mudah memar, gusi berdarah, kelemahan, kelelahan, ruam dan menurunkan kecepatan penyembuhan luka. Makan makanan kaya vitamin C seperti paprika merah, cabai merah, kangkung, sayuran berdaun hijau tua, brokoli, kubis Brussel, dan tomat.

4. Rawan Kram Otot

Sayuran mengandung potasium yang membantu mencegah kram otot, terutama saat Anda berolahraga. Kalium merupakan mineral esensial yang dapat membantu mencegah kram otot dan kembung.

Kalium juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan ginjal, kecemasan dan stres. Ini juga membantu meningkatkan kekuatan otot dan metabolisme.

5. Sering Mengalami Masalah Pencernaan

Jika Anda sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung, ini pertanda jelas bahwa Anda tidak menambahkan cukup sayuran dan serat. Sebab, serat yang ada dalam sayuran membantu dalam proses pencernaan dan menjaga keteraturan usus.

Berita Terkait

Berita Terkini