Info

Varian Corona Makin Menular: Pakai Masker Ganda yang Tepat, Begini Caranya

Ada berapa kombinasi masker yang tidak direkomendasikan untuk digunakan sebagai masker ganda.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Penggunaan masker yang benar merupakan langkah penting demi mengurangi risiko tertular dan menyebarkan Covid-19. Ada banyak jenis masker yang bisa digunakan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari varian virus Corona, seperti masker medis, masker KN95 hingga masker kain.

Untuk masker kain, diimbau untuk menghindari yang memiliki katup atau ventilasi pernapasan karena justru membuat tetesan pernapasan yang mengandung virus akan menyebar keluar.

Tak hanya jenis masker, langkah penting lainnya untuk meningkatkan perlindungan yang ditawarkan oleh masker adalah dengan meningkatkan filtrasi. Masker dengan filtrasi yang lebih baik akan menghentikan lebih banyak tetesan pernapasan yang mengandung virus masuk ke dalam masker saat orang lain terinfeksi maupun sebaliknya.

Dengan varian baru virus corona yang semakin menular, ada baiknya unruk memakai masker ganda. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak lapisan bahan pada masker (layering) maupun menggunakan double mask atau masker ganda.

Ilustrasi sarung tangan dan masker medis. (Pixabay/leo2014)
Ilustrasi sarung tangan dan masker medis. (Pixabay/leo2014)

Dilansir dari laman resmi CDC, keuntungan dari masker ganda, alias mengenakan dua jenis masker sekaligus antara lain:

  1. Meningkatkan kesesuaian karena masker bagian dalam lebih dekat ke wajah, sehingga mengurangi jumlah udara yang bocor di sekitar tepi masker.
  2. Meningkatkan filtrasi dengan menambahkan lebih banyak lapisan bahan untuk mengurangi jumlah tetesan pernapasan yang mengandung virus yang masuk melalui masker.

Kombinasi masker yang direkomendasikan adalah dengan memakai masker medis lalu ditumpuk masker kain. Sehingga masker medis berada dalam masker kain saat dipakai.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan di laboratorium menemukan bahwa kombinasi masker ganda tersebut memberikan perlindungan lebih baik bagi pemakainya dan orang lain, dibandingkan hanya memakai satu jenis masker.

Sebagai catatan, ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan untuk masker ganda.

Pertama, jangan pakai dua masker medis sekaligus. Sebab, mengenakan masker medis kedua di atas masker medis pertama justru membuat gap dan menurunkan efek proteksi.

Kedua, jangan gabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Anda sebaiknya hanya menggunakan satu masker KN95 pada satu waktu, dan tidak boleh menggunakan jenis masker kedua apa pun di atas atau di bawah masker KN95.

Berita Terkait

Berita Terkini