Info

5 Makanan Alami Penambah Hormon Progesteron, Apa Saja?

Hormon progesteron penting untuk kesuburan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi ikan dan seafood. (Pixabay)
Ilustrasi ikan dan seafood. (Pixabay)

Himedik.com - Hormon progesteron dalam tubuh memiliki fungsi penting yang berkaitan dengan kesuburan dan kehamilan. Progesteron dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti menjaga rahim selama kehamilan, meningkatkan kesuburan, fungsi kekebalan, menurunkan risiko kelahiran prematur dan keguguran serta mengatur siklus menstruasi.

Meskipun dianggap sebagai hormon wanita, hormon ini juga dibutuhkan oleh pria untuk menghasilkan testosteron, hormon yang berkaitan dengan penampilan dan perkembangan seksual pria.

Kadar progesteron dalam tubuh dapat ditingkatkan dengan berbagai metode, namun sumber makanan dianggap sebagai cara alami terbaik. Dirangkum dari Boldsky, berikut daftar makanan alami penambah hormon progesteron yang bisa Anda konsumsi.

1. Pisang

Kaya vitamin B6, pisang membantu produksi progesteron dan menjaga keseimbangan kadar hormon. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang baik dan dapat membantu meningkatkan kadar hormon progesteron dengan mengurangi dominasi estrogen. Ini juga dapat membantu menurunkan gejala PMS seperti kecemasan dan perubahan suasana hati.

Pisang (Pixabay/_Alicja_)
Pisang (Pixabay/_Alicja_)

2. Kacang

Kaya akan nutrisi seperti seng, magnesium, dan vitamin B6, kacang membantu menjaga tingkat progesteron dengan mendorong pemecahan produk sampingan estrogen untuk mengurangi tingkat estrogen. Menurunkan estrogen secara otomatis akan meningkatkan kadar progesteron.

3. Seafood

Asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam seafood sangat penting untuk produksi dan menjaga keseimbangan kadar hormon progesteron. Makanan laut seperti mackerel, salmon, dan tuna kaya akan dua nutrisi ini dan membantu meningkatkan kadar progesteron secara alami.

4. Kubis

Sayuran silangan seperti kubis mengandung fitoestrogen, senyawa mirip estrogen yang diturunkan dari tumbuhan terutama dalam bentuk genistein, biochanin, daidzein, glycitein dan formonetin. Genistein membantu merangsang produksi progesteron di ovarium bersama dengan mencegah perkembangan sel kanker, meningkatkan fungsi seksual, dan membantu perkembangan reproduksi yang sehat

5. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam kaya vitamin B6 dan asam amino esensial yang disebut L-Arginine. Dalam kesuburan wanita, oksida nitrat memainkan peran penting dalam implantasi, produksi pembuluh darah baru, dan fungsi keseluruhan sistem reproduksi wanita. Arginine membantu dalam produksi oksida nitrat tersebut untuk menjalankan fungsi kesuburan dan produksi progesteron dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini