Info

Punya Jerawat di Lima Bagian Tubuh Berikut, Waspada Tanda Masalah Kesehatan

Waspadai lima posisi jerawat berikut, bisa jadi tanda berbagai masalah kesehatan.

Fita Nofiana

Makanan wajah berjerawat. (skinconcept.com.mx)
Makanan wajah berjerawat. (skinconcept.com.mx)

Himedik.com - Jerawat memang umumnya tanda masalah kulit. Namun jerawat di bagian wajah atau tubuh tertentu bisa jadi tanda masalah kesehatan

Melansir dari Healthshots, jerawat bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasarinya. Dalam beberapa kasus, jerawat yang ada di area tertentu dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan yang mendasarinya, antara lain:

1. Jerawat Dahi dan Garis Rambut

Jerawat yang hadir di sekitar garis rambut dan dahi bisa terkait dengan masalah kesehatan. Jerawat di dahi terkait dengan sistem pencernaan. Jerawat di wilayah dahi dikatakan mewakili ketidakseimbangan pencernaan yang terkait dengan pola makan yang buruk, sindrom iritasi usus, dan pencernaan yang tidak tepat.

Hal terbaik yang perlu Anda lakukan adalah banyak minum  air, makan seimbang, tidur setidaknya tujuh jam sehari, dan cobalah untuk menjaga area dahi bebas dari gesekan.

2. Jerawat di Pipi

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Pixabay /SharonMcCutcheon)
Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Pixabay /SharonMcCutcheon)

Jerawat dekat bagian atas pipi Anda dapat dikaitkan dengan sistem pernapasan, sedangkan jerawat pipi yang lebih rendah terkait dengan kebersihan gigi yang buruk dan mungkin dipicu lingkungan yang mungkin terjadi akibat gaya hidup Anda. Kondisi ini juga bisa jadi kulit Anda bersentuhan dengan seprai dan sarung bantal kotor yang menyimpan bakteri.

3. Jerawat Zona T

Area zona T berada di antara alis ke hidung dan dagu. Jika Anda melihat jerawat di wilayah ini, maka bisa dipicu oleh ketidakseimbangan gastrointestinal atau alergen makanan.

Hal terburuk tentang bidang ini adalah ada lebih banyak kelenjar minyak daripada bagian wajah lainnya yang membuatnya rentan mengalami breakouts. Oleh karena itu, produksi sebum berlebih juga dapat menyebabkan jerawat.

Bahkan, jerawat pada hidung dapat dikaitkan dengan masalah hati dan ginjal yang hanya dapat menandakan disfungsi hati.

4. Jerawat Dagu dan Leher

Fluktuasi dalam hormon Anda seringkali dapat menyebabkan jerawat di area dagu dan garis dagu. Kondisi ini mengungkapkan ketidakseimbangan dalam sistem endokrin Anda. 

Jerawat hormon cenderung terjadi secara siklikal dan semakin memburuk pada periode menstruasi dan menopause karena tingkat androgen dan estrogen yang relatif lebih tinggi.

Beberapa perempuan bahkan memperhatikan jerawat di sekitar wilayah leher mereka karena ketidakseimbangan hormon. Dan dalam beberapa kasus, jerawat ini  dapat menunjukkan masalah serius seperti syndrome ovarium polikistik (PCOS).

Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)


5. Jerawat Punggung, Lengan, dan Paha Jerawat

Jerawat di punggung, lengan, dan  paha sering disebabkan oleh fluktuasi hormon dan genetika. Terkadang, jenis pakaian yang kita kenakan juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menghasilkan breakout.

Mengontrol jerawat di sini bisa sangat rumit, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk menguranginya. Kenakan pakaian yang bersih, lembut dan tidak terlalu ketat. Pastikan untuk mengurangi tekanan dari membawa ransel atau mengantongi dompet yang dapat menyebabkan gesekan yang menyebabkan jerawat.

Berita Terkait

Berita Terkini