Pria

Tak Cuma Menyehatkan Mata, Wortel Juga Baik untuk Kesuburan Pria

Kesuburan pria dipengaruhi oleh berbagai faktor, tentunya pola makan menjadi salah satunya.

Yasinta Rahmawati

Wortel. (pixabay)
Wortel. (pixabay)

Himedik.com - Antioksidan dalam buah dan sayur efektif untuk meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pria. Di antara banyak sayuran sehat, wortel dikenal dapat meningkatkan kesuburan pria. Sayuran berwarna oranye ini dikemas dengan nutrisi penting seperti karotenoid, serat makanan, vitamin, mineral hingga antioksidan.

Melansir Boldsky, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 30-80 persen subfertilitas pria disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif pada sperma. Kondisi ini terjadi pada satu dari 20 pria.

Perlu dicatat, sperma sangat sensitif terhadap kerusakan oksidatif karena tidak mengandung sistem perbaikan sel seperti sel lain. Inilah sebabnya mengapa kerusakan sel akibat radikal bebas dikaitkan dengan air mani yang buruk dan penurunan tingkat pembuahan dan kehamilan.

Antioksidan dalam buah dan sayur efektif untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma dengan cara membasmi radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif.

Antioksidan akan mengikat radikal bebas dan melindungi jaringan testis serta protein dan DNA sel sperma. Sebuah studi acak telah menunjukkan bahwa ketika pria subfertil diobati dengan suplementasi antioksidan, angka kelahiran hidup dan kehamilan klinis dapat meningkat.

Jus wortel. (Pixabay/Couleur)
Jus wortel. (Pixabay/Couleur)

Wortel menjadi salah satu makanan pembangkit tenaga antioksidan dan vitamin serta mineral penting lainnya. Wortel mengandung vitamin C dan beta-karoten, dua antioksidan utama yang berperan penting dalam memastikan kualitas air mani.

Antioksidan membantu mengurangi kerusakan oksidatif, peradangan kronis dan kerusakan DNA, sehingga meningkatkan kualitas dan fungsi air mani. Wortel juga membantu mencegah ejakulasi dini karena adanya karotenoid dan flavonoid yang membantu memperkuat otot-otot organ pria.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan pria karena kaya nutrisi yang baik untuk kualitas air mani dan sperma.

Namun demikian, mengonsumsi wortel bukanlah faktor tunggal untuk kualitas kesuburan pria. Studi lain juga menyebutkan bahwa asam folat, vitamin D, dan asam lemak omega-3 bertanggung jawab atas peningkatan kesuburan pria.

Di sisi lain, perlu kombinasi faktor gaya hidup sehat seperti aktivitas fisik, berhenti merokok, dan diet yang tepat. Pada akhirnya, semua faktor itu dapat secara signifikan membantu meningkatkan kesuburan pria hingga tingkat yang memuaskan.

Berita Terkait

Berita Terkini