Info

Suka Makan Telur, Apakah Bahaya Mengonsumsinya Setiap Hari?

Telur kaya akan vitamin E, lutein, selenium, dan folat.

Yasinta Rahmawati

Telur. (shutterstock)
Telur. (shutterstock)

Himedik.com - Banyak orang yang suka sekali dengan telur sehingga hampir memakannya tiap hari. Sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh jika seseorang makan telur setiap hari? Apakah akan berbahaya?

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, seperti telur, memang dapat sedikit meningkatkan kolesterol seseorang. Tetapi hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Peter Schulman, MD, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di University of Connecticut, mengatakan perlu mempertimbangkan rasio kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan HDL (kolesterol baik).

"Telur meningkatkan HDL ke tingkat yang lebih tinggi daripada LDL, yang mengarah pada profil risiko yang lebih baik dalam hal risiko kardiovaskular," ujarnya, dikutip dari Health.

Di atas apa yang para ilmuwan sekarang ketahui tentang efek kolesterol makanan pada tubuh, penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang makan telur tidak lebih buruk daripada mereka yang tidak.

Ilustrasi telur rebus (Shutterstock).
Ilustrasi telur rebus (Shutterstock).

Penelitian dalam beberapa tahun terakhir gagal menemukan hubungan antara konsumsi satu telur tiap hari dan penyakit jantung, bahkan pada orang yang genetiknya menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi dari biasanya.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Heart menunjukkan bahwa makan telur bahkan dapat memiliki efek perlindungan. Orang yang melaporkan makan hingga satu telur per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung, dan risiko kematian 18% lebih rendah karenanya. 

Itu berlangsung selama sembilan tahun berikutnya dibandingkan mereka yang tidak makan telur. Mereka juga memiliki risiko 26% lebih rendah mengalami stroke hemoragik.

Namun penelitian tersebut, yang melibatkan hampir setengah juta orang China, hanya dapat menunjukkan hubungan antara telur dan kesehatan jantung, bukan hubungan sebab-akibat. Dan tidak ada kelompok dalam penelitian ini yang rata-rata makan lebih dari satu telur sehari.

Dr. Schulman mengatakan temuan penelitian ini tidak mengejutkan dan merupakan bukti lebih lanjut bahwa telur tidak buruk bagi Anda.

Telur kaya akan vitamin E, lutein, selenium, dan folat, yang memainkan peran penting dalam kesehatan otak, penglihatan, dan melawan peradangan dalam tubuh. Telur juga mengandung protein (sekitar 6 gram per telur), yang dapat membantu menekan rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam.

Telur rebus adalah pilihan yang sehat karena tidak ada yang ditambahkan ke dalamnya, kata Dr. Schulman. Ia juga merekomendasikan memasak telur dalam wajan dengan sedikit minyak zaitun. "Cobalah untuk menghindari mentega," katanya, "tetapi bahkan sedikit mentega tidak buruk bagi kebanyakan orang."

Berita Terkait

Berita Terkini