Info

Virus Corona Varian Lambda, ini Gejala yang Harus Diwaspadai!

Para ilmuwan kembali menemukan varian baru virus corona yang menjadi varian menarik, yakni varian Lambda.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona varian Lambda. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona varian Lambda. (Pixabay)

Himedik.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengganti nama-nama varian virus corona Covid-19 menggunakan alfabet Yunani.

Bulan Juni 2021, WHO pun menemukan varian baru virus corona di Amerika Selatan yang disebut varian Lambda dan menetapkannya sebagian varian yang menarik atau variant of interest (VOI).

Menurut data Public Health England (PHE), Inggris telah menemukan 6 kasus virus corona varian Lambda pada 25 Juni 2021. Keenam kasus virus corona varian Lambda ini diperkirakan terkait dengan perjalanan ke luar negeri.

Kini, PHE telah menetapkan virus corona varian Lambda (C.37) sebagai varian dalam penyelidikan (VUI) untuk mengidentifikasi tingkat bahaya dan penularannya.

Sebelumnya, virus corona varian Lambda ini telah terdeteksi di Amerika Serikat, termasuk Chili, Perut, Ekuador dan Argentina. Para ahli berpikir bahwa varian Lambda ini memiliki banyak mutasi pada protein lonjakan.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Mutasi ini bisa berdampak pada transmisibilitas varian. Tapi dilansir dari Express, penyelidikan lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami mutasi tersebut.

PHE melakukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak tentang virus corona varian Lambda tersebut. Bahkan, mereka juga akan melakukan pelacakan kontak tambahan demi menjaga kesehatan masyarakat.

"PHE sedang melakukan pengujian laboratorium untuk lebih memahami dampak mutasi pada perilaku virus corona varian baru ini," kata PHE.

Gejala Virus Corona Varian Lambda

PHE mengatakan hasil pengujian yang sedang berlangsung sekarang ini belum ada bukti varian Lambda bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah dan membuat vaksin Covid-19 kurang efektif.

Tapi, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai, antara lain suhu tinggi, batuk terus-menerus, hilangnya indra penciuman dan rasa. Menurut PHE, orang yang terinfeksi virus corona varian Lambda setidaknya mengalami satu gejala tersebut.

Saat ini, sudah ada 4 varian virus corona yang telah menjadi perhatian dan dipantau oleh WHO. Varian virus corona yang masuk daftar pantauan WHO, termasuk varian Alpha yang pertama kali terdeteksi di Inggris.

Ada pula varian virus corona yang menjadi perhatian adalah varian Beta yang terdeteksi di Afrika Selatan, varian Gamma yang pertama kali terdeteksi di Brasil dan varian Delta yang terdeteksi di India.

Berita Terkait

Berita Terkini