Info

Minum Air Putih Bisa Ringankan Efek Samping Vaksin Covid-19, Benarkah?

Efek samping vaksin Covid-19 berkisar dari ringan hingga berat yang diduga bisa dicegah dengan minum air putih.

Shevinna Putti Anggraeni

minum air (Pexels/Daria Shevtsova)
minum air (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 berkisar dari ringan hingga berat. Hal ini wajar terjadi sebagai respons tubuh terhadap vaksin untuk meningkan kekebalan.

Efek samping suntik vaksin Covid-19 ini biasanya berupa demam, nyeri di area suntikan, kelelahan, sakit kepala ringan dan sebagainya.

Karena semakin banyak orang yang suntik vaksin, maka penting untuk memahaminya dan cara menghadai gejala tersebut.

Hal pertama yang harus dipahami adalah efek samping ini merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh setelah mendapatkan suntikan vaksin untuk membuat antibodi yang melawan virus.

Reaksi ini muncul ketika sistem kekebalan tubuh memasuki mode pertahanan dan antibodi mulai terbentuk secara perlahan. Efek samping ini juga merupakan cara pertama tubuh kita merespons s pantogen.

Karena itu, harapannya efek samping samping vaksin Covid-19 yang berupa demam, nyeri tubuh, myalgia, kelelahan hingga kedinginan adalah hal yang umum terjadi setelah vaksinasi.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Namun dilansir dari Times of India, Anda mungkin pernah mendengar efek samping vaksin Covid-19 ini bisa diringankan dengan minum air cukup banyak. Faktanya, efek samping adalah reaksi peradangan yang tidak dipengaruhi dan tidak bisa dicegah dengan faktor eksternal, seperti minum air.

Meski begitu, menjaga tubuh terhidrasi dan memiliki cukup banyak cairan tetap menjadi ide terbaik. Karena, belum ada bukti langsung bahwa minum air cukup banyak bisa menangkal efek samping suntik vaksin Covid-19.

Ada pula yang beranggapan bahwa minum air cukup banyak bisa mencegah dan mengatasi pusing dan pingsan sebagai efek samping vaksin Covid-19. Sekali lagi, minum air cukup banyak tidak bisa mencegah efek samping vaksin Covid-19 tersebut.

Pingsan, pusing dan sakit kepala ringan memang termasuk efek samping vaksin Covid-19. Pada kasus yang jarang terjadi, efek amping ini bisa memicu respons vasovagal yang dapat menyebabkan tingkat tekanan darah turun dan orang tersebut pingsan dalam 15 menit pertama vaksinasi.

Tetapim itu tetap bukanlah efek samping vaksin Covid-19 yang serius. Bahkan ini juga tidak bisa dicegah maupun ditangani hanya dengan minum air cukup banyak.

Ingatlah bahwa minum air yang cukup memang disarankan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, baik ketika ada vaksinasi maupun tidak. Karena, kekurangan cairan dalam tubuh atau kurang minum air bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini