Info

Bisa Berbahaya, Kebiasaan Nyundul Bola Berisiko untuk Otak dan Daya Ingat

Menyundul bola disebut bisa berefek pada kesehatan otak.

Fita Nofiana

Menyundul bola. (Scientific American)
Menyundul bola. (Scientific American)

Himedik.com - Kejuaraan Eropa UEFA  sedang menarik animo masyarakat meskipun masih dalam euforia yang berbeda. Bermain sepak bola secara keseluruhan memang menyehatkan, namun beberapa gerakan bisa bikin masalah untuk kesehatan.

Melansir dari Hello sehat, salah satu gerakan sepak bola yakni menyundul bola bisa berbahaya bagi otak. Bahaya yang dimaksud adalah cedera atau trauma pada kepala. 

"Menyundul bola ternyata menghasilkan dampak yang cukup besar terhadap fungsi otak," catat Hello Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa menyundul bola bisa berampak pada fisik seperti gegar otak hingga cedera leher. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa menyundul bola dengan kepala juga bisa mengganggu cara kerja dan aktivitas otak manusia. 

Kesimpulan penelitian dari sebuah studi yang dilakukan oleh University of Stirling di Skotlandia juga mencoba melihat pengaruh menyundul bola terhadap daya ingat. Dalam studi tersebut, para peneliti diminta menyundul bola 20 kali. 

Sundulan pemain Arsenal Alexis Sanchez digagalkan kiper Víctor Valdes. Ian Kington / AFP
Sundulan pemain Arsenal Alexis Sanchez digagalkan kiper Víctor Valdes. Ian Kington / AFP

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang menyundul bola mengalami penurunan daya ingat sebesar 41 hingga 67 persen. Dampak tersebut dirasakan langsung setelah sesi latihan menyundul bola berakhir. 

"Untungnya daya ingat para peserta kembali seperti semula setelah 24 jam," catat Hello Sehat

Penelitian lain dari Harvard Medical School juga menyatakan bahwa menyundul bola membuat pemain rentan terhadap benturan atau trauma di kepala. Penelitian ini diterbitkan pada Journal of the American Medical Association.

Berita Terkait

Berita Terkini