Info

Skrining Virus Corona, Peneliti Kembangkan Tes Swab Pada Ponsel!

Para peneliti mengembangkan tes swab pada ponsel untuk memudahkan skrining virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi ponsel (Unsplash/Mikaela Shannon)</p>
Ilustrasi ponsel (Unsplash/Mikaela Shannon)

Himedik.com - Deteksi dini virus corona Covid-19 dan pengobatan yang tepat waktu bisa menurunkan risiko komplikasi pada pasien.

Karena itu, para ilmuwan telah menemukan metode baru untuk menguji keberadaan virus dengan mengambil swab dari smartphone atau ponsel seseorang.

Dalam penelitian baru ini, sampel virus corona tidak diambil dari hidung atau tenggorokan seseorang, seperti yang biasanya dilakukan pada tes RT-PCR dan Rapid Antigen.

Sampel virus corona kali ini diambil dari layar ponsel para sukarelawan. Metode Phone Screen Testing (PoST) yang baru ditemukan adalah non-invasif, lebih murah, dan sama akuratnya dengan metode lain untuk mendeteksi keberadaan virus corona dalam sistem pernapasan seseorang.

Berkali-kali dilansir dari Times of India, beberapa penelitian telah menyoroti bahwa smartphone bisa menyimpan jutaan virus dan bakteri. Saat seseorang membawa ponselnya ke kamar mandi atau toilet, menyentuh dengan tangan kotor dan meletakkan di permukaan yang kurang bersih, sudah pasti banyak patogen yang menempel di ponsel.

Jika kita memegang kembali ponsel lalu menyentuh mulut, hidung atau mata. maka mikroorganisme yang tak terlihat pada ponsel bisa berpindah masuk ke dalam tubuh kita.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Seperti yang kita tahu, virus corona Covid-19 dari orang yang batuk dan bersih bisa menempel di permukaan sekitarnya. Karena itu, kita perlu hati-hati dengan patogen virus corona yang menempel pada ponsel.

Cara kerja

Dalam metode pengujian ini, sampel dikumpulkan dari layar ponsel dengan cara swab seperti yang digunakan untuk pengambilan sampel nasofaring.

Kemudian, para peneliti memasukkan sampel yang telah di-swab itu ke dalam larutan air garam dan melakukan tes PCR seperti biasanya. Tim yang dipimpin oleh peneliti University College London melakukan tes ini pada 540 ponsel milik para sukarelawan.

Selama uji coba tes swab pada ponsel, para pemilik ponsel juga melakukan swab untuk menjalani tes PCR normal dan PoST. Tes dilakukan di laboratorium yang berbeda oleh tim independen. Selain itu, para sukarelawan juga tidak diberitahu tentang hasil pengujian.

Di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa tes swab pada ponsel ini mampu mendeteksi 81,3 persen hingga 100 persen orang dengan virus corona yang memiliki viral load tertinggi.

Sekitar 51 orang dinyatakan positif virus corona Covid-19 dalam tes RT-PCR dan 15 memiliki nilai CT rendah. Orang-orang ini juga dinyatakan positif dalam tes swab pada ponselnya.

Berita Terkait

Berita Terkini