Info

Waspada dan Kenali, 6 Bentuk Kotoran Berikut Bisa Jadi Tanda Penyakit

Kotoran Anda bisa jadi menandai berbagai masalah di perut.

Fita Nofiana

Ilustrasi buang air besar. (Pixabay/kropekk_pl)
Ilustrasi buang air besar. (Pixabay/kropekk_pl)

Himedik.com - Bagaimanapun kotoran yang Anda buang mencerminkan apa yang Anda makan dan pola hidup secara keseluruhan. Karena diproses dalam tubuh, kotoran Anda saat buang air besar  (BAB) bisa jadi tanda masalah kesehatan

Melansir dari Eat This, berikut ciri kotoran yang menandakan kesehatan tertentu, antara lain:

1. Kotoran kecil berwarna gelap 

Jika Anda BAB dan kotoran yang keluar kecil serta berwarna gelap di mana sering kali disertai rasa sakit dan kembung, maka bisa jadi tanda masalah pencernaan kronis. 

2. Kotoran yang mengapung

Kotoran jenis ini bisa menjadi gejala malabsorpsi lemak karena apa yang Anda makan hari itu. Malabsorpsi sendiri adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh gangguan penyerapan salah satu atau beberapa zat nutrisi di usus halus.

3. Kembung, nyeri, dan diare

Kembung, nyeri, dan diare bisa menjadi tanda dari banyak masalah termasuk ketidakseimbangan bakteri usus atau gangguan motilitas (masalah dengan gerakan usus). Gangguan motilitas dapat disebabkan oleh masalah endokrin, masalah neurologis, jaringan parut, perlengketan, trauma pada saraf, proses infeksi, dan lainnya.

Ilustrasi sulit buang air besar. [Shutterstock]
Ilustrasi sulit buang air besar. [Shutterstock]

4. Kotoran tidak berwarna coklat

Kotoran yang sehat biasanya berwarna coklat karena pemecahan sel darah merah, tetapi terkadang Anda mungkin melihat warna yang berbeda. Warna kotoran bisa dikaitkan dengan apa yang Anda makan hari itu. Namun, terkadang itu bisa menandakan masalah yang lebih besar, seperti kondisi hati Anda.

5. Kotoran setipis pensil

Kotoran yang tipis panjang mirip pensil bisa berarti usus Anda bekerja lembur untuk membantu memadatkan kotoran Anda. Jika masalah ini terus berlanjut, Anda harus menanyakannya kepada dokter. 

6. Kotoran yang baunya berbeda

Perubahan bau yang tiba-tiba bisa jadi tanda Anda menderita sejumlah masalah usus seperti ketidakseimbangan bakteri.

Berita Terkait

Berita Terkini