Info

3 Hal yang Harus Diantisipasi saat Positif Covid-19, Apa Saja?

Orang yang positif Covid-19 secara umum mempunyai daya tahan tubuh yang rendah sehingga bisa saja mereka mudah sekali terinfeksi dengan infeksi yang lain.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi lockdown, isolasi mandiri, Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi lockdown, isolasi mandiri, Covid-19. (Pixabay)

Himedik.com - Saat ini Indonesia dinyatakan masuk gelombang kedua kenaikan kasus. Hal ini tak terlepas dari imbas libur panjang serta masuknya varian Delta yang lebih menular. Sebagian besar pasien Covid-19 pun kini sedang menjalani isolasi mandiri.

Mengenai hal tersebut, dr. Ari Fahrial Syam lewat chanel YouTube Apa Kata Dokter Ari, kembali mengingatkan bahwa bagi mereka yang terkonfirmasi positif untuk segera melakukan isolasi mandiri.

Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini menekankan isolasi mandiri sangatlah penting karena droplet (pada saat batuk, bersin, atau berbicara) mengandung virus Covid-19 yang bisa menulari orang lain.

Sebab, poin dari isolasi mandiri adalah menjaga agar kondisi tidak semakin buruk. Selain itu, saat terkonfirmasi positif Covid-19 dan isolasi mandiri ada beberapa hal yang perlu diantisipasi.

"Hasil diskusi saya dengan beberapa pakar paru dan hasil pengalaman pribadi menangani pasien Covid-19, terdapat tiga hal yang harus diantisipasi ketika mereka mengalami infeksi," ujarnya.

Seorang anak dibalik jendela kaca di Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal yang sedang isolasi mandiri bersama keluarganya. (Suara.com/F Firdaus)
Seorang anak dibalik jendela kaca di Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal yang sedang isolasi mandiri bersama keluarganya. (Suara.com/F Firdaus)

Pertama, pada minggu kedua pasien Covid-19 akan mengalami suatu peradangan, khususnya pada paru-paru yang menyebabkan terjadinya perburukan dari fungsi organ tersebut.

"Sehingga saturasi akan turun dan bahkan pasien perlu mendapatkan suplementasi oksigen, dan yang terburuknya misal perlu mendapatkan ventilator," jelasnya.

Kedua, orang-orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 ini secara umum mempunyai daya tahan tubuh yang rendah sehingga bisa saja mereka ini mudah sekali terinfeksi dengan infeksi yang lain. Oleh karena itu harus dijaga agar tidak terpapar dengan infeksi lain yang tidak memperburuk keadaan.

Yang ketiga, hal-hal yang bisa menjadi komplikasi juga biasanya terjadi pada minggu kedua. "Yaitu adanya hiperkoagulasi yakni kekentalan darah yang bisa saja menyebabkan kematian mendadak, serangan jantung, stroke atau gangguan lain yang harus diantisipasi," tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini