Info

Perhatikan, Berikut 8 Pemicu Hipetensi yang Masih Bisa Dicegah

Delapan pemicu hipertensi berikit masih bisa dicegah.

Fita Nofiana

Gula Darah Tinggi: Tanda Kadar Glukosa Tinggi. (unsplash)
Gula Darah Tinggi: Tanda Kadar Glukosa Tinggi. (unsplash)

Himedik.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika adanya peningkatan tekanan darah. Meskipun mungkin tampak tidak berbahaya, namun dalam jangka panjang, hipertensi dapat berkontribusi pada penyakit kardiovaskular, neurologis, dan ginjal yang signifikan.

Melansir dari Eat This, diagnosis hipertensi biasanya dibuat dengan laporan berulang dari peningkatan tekanan darah di atas normal.

Hipertensi sekunder disebabkan oleh kondisi medis kronis atau obat-obatan, termasuk sleep apnea, diabetes, masalah tiroid/adrenal, penyakit ginjal, sindrom Cushing, dan koarktasio aorta.

Sementara hipertensi primer adalah jenis yang paling umum dan paling dapat dicegah. "Penyebabnya multi-faktor dan termasuk kecenderungan genetik dan faktor lingkungan," kata Dr.  Darren P. Mareiniss, MD, FACEP, Asisten Profesor Kedokteran Darurat Sidney Kimmel Medical College. 

Berikut beberapa tanda umum penyebab hipertensi, antara lain:

Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

1. Usia

Usia lanjut dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, lebih sering menimbulkan tekanan darah sistolik.

2. Obesitas

Indeks massa tubuh yang tinggi dapat membuat Anda lebih mungkin memiliki tekanan darah tinggi.

3. Riwayat Hipertensi Keluarga

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dalam keluarga. "Hipertensi dua kali lebih umum pada orang dengan satu atau dua orang tua hipertensi," ungkap Dr. Mareiniss.

4. Gaya hidup tak sehat

Konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan obat-obatan terlarang dan merokok  merupakan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.

5. Pola makan tinggi natrium 

Kelebihan natrium, lebih besar dari 3g natrium klorida sehari dapat meningkatkan peluang Anda terkena tekanan darah tinggi.

Ilustrasi wanita minum alkohol (Pixabay/Concord90)
Ilustrasi wanita minum alkohol (Pixabay/Concord90)

6. Ras

Menurut Dr. Mareiniss beberapa kelompok lebih rentan terhadap hipertensi daripada yang lain, termasuk komunitas Afrika-Amerika.

7. Stres

 Stres sementara dapat meningkatkan tekanan darah.

8. Kurangnya Aktivitas Fisik

Tidak berolahraga dapat membuat Anda lebih berisiko terkena hipertensi.  "Modifikasi gaya hidup dapat membantu mengobati atau mencegah hipertensi," ujar Dr Mareiniss.

Berita Terkait

Berita Terkini