Info

Efek Samping Vaksin Covid-19, Waspadai Bercak Putih Pada Lidah!

Bercak putih pada lidah bisa jadi efek samping vaksin Covid-19 dan infeksi virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)
llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)

Himedik.com - Bercak putih pada lidah seringkali dianggap sebagai sariawan. Tapi, orang-orang harus mewaspadai kondisi ini setelah suntik vaksin Covid-19 atau baru saja terpapar pasien virus corona Covid-19.

Dr Kailesh Solanki, dokter gigi di Dentalphobia mengatakan bercak putih pada lidah ini bisa menjadi tanda Anda sudah tertular virus corona Covid-19 atau itu mungkin efek samping lain dari suntik vaksin Covid-19.

Tapi, ada pula pemicu lain yang bisa menyebabkan bercak-bercak putih pada lidah, termasuk merokok, minum antibiotik, diabetes atau anemia. Dr Solanki menjelaskan oral trush bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melemah.

"Kondisi ini bisa mengkhawatirkan dan terkadang menyebabkan hilangnya rasa bersamaan dengan bibir pecah-pecah dan mulut kering," kata Dr Solanki dikutip dari Express.

Umumnya, kondisi ini tidak serius dan bisa dibersihkan cepat dengan menggosok lidah ketika sikat gigi. Tapi, kondisi ini juga bisa merupakan sariawan yang meradang dan terkadang lebih menyakitkan.

Ilustrasi lidah (Pixabay/alehidalgo)
Ilustrasi lidah (Pixabay/alehidalgo)

"Bercak putih di lidah karena sariawan ini biasanya dipicu oleh virus atau sistem kekebalan tubuh yang rendah. Luka bisa diobati dengan gel khusus atau larutan susu magnesium," jelasnya.

Sedangkan, penyebab lain yang lebih jarang terjadi adalah leukoplakia, yang ditandai dengan bercak putih atau abu-abu tebal di pipi, gusi dan bagian bawah mulut serta lidah.

Penderita leukoplakia biasanya seorang perokok tembakau dan peminum, kondisi ini juga akan sering kambuh sepanjang hidupnya. Karena itu, berhenti merokok dan minum bisa mengatasi atau mencegah leukoplakia.

Menurut Amanda Shayle, pengembang JA Self Care by Puriskin, bercak putih pada lidah bisa diklasifikasikan menjadi 3 cara.

1. Topografi

Topografi adalah (pengecap) kuncup/papil yang membengkak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

2. Pelapisan

Bercak putih pada lidah bisa terbentuk karena lembap sehingga bisa mengakibatkan candida atau sariawan. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit dan penggunaan antibiotik.

3. Warna

Bercak putih atau merah di lidah juga bisa menjadi tanda kanker mulut. Karena itu, penting untuk memperhatikan lidah yang sehat dan tidak. Lidah sehat biasanya berwarna merah muda dengan permukaan yang agak kasar.

Berita Terkait

Berita Terkini