Info

Pasien Virus Corona Bisa Alami Long Covid-19, Berapa Lama Gejala Muncul?

Beberapa pasien virus corona Covid-19 bisa mengalami Long Covid-19 setelah sembuh.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Setiap pasien virus corona Covid-19 mengalami proses pemulihan yang berbeda-beda. Ada pasien virus corona yang bisa membaik dalam hitungan hari, ada pula yang masih tetap mengalami gejalanya hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah dinyatakan sembuh.

NHS mengatakan sebagian pesan pasien Covid-19 akan pulih dalam waktu 12 minggu. Tapi, ada beberapa orang yang bisa merasakan efek virus corona Covid-19 jangka panjang yang disebut Long Covid-19.

Long Covid-19 ini diduga terkait erat dengan seberapa parah kondisi mereka ketika pertama kali tertular virus corona Covid-19. Long Covid-19 ini bisa menimbulkan gejala yang berlangsung berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah infeksi hilang.

Terkadang dilansir dari Express, kondisi ini dikenal sebagai sindrom pasca-Covid-19. Ada banyak gejala Covid-19 panjang atau Long Covid-19, antara lain:

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
  1. Kelelahan atau kesulitan tidur
  2. Perubahan pada indra penciuman atau perasa
  3. Sesak napas
  4. Masalah dengan konsentrasi atau memori
  5. Nyeri dada atau jantung berdebar-debar
  6. Pusing, sakit kepala atau sakit telinga
  7. Nyeri sendi
  8. Depresi dan kecemasan
  9. Merasa mual atau sakit perut
  10. Diare
  11. Demam
  12. Kehilangan selera makan
  13. Ruam

NHS merekomendasikan orang yang mengalami gejala virus corona Covid-19 terus-menerus selama 4 minggu atau lebih harus konsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan tes darah, tekanan darah, dan mungkin melakukan rontgen untuk mendeteksi masalah kesehatan lainnya. Jika Anda mengalami gejala Long Covid-19, Anda mungkin akan dirujuk ke layanan medis.

Berita Terkait

Berita Terkini