Info

Perut Lapar Bikin Sakit Kepala, Atasi dengan Cara Ini

Untuk menghindari sakit kepala ini, Anda dapat mencegahnya lewat beberapa tips berikut.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi lelah, capek, pusing. (Pixabay)
Ilustrasi lelah, capek, pusing. (Pixabay)

Himedik.com - Terkadang melewatkan jam makan dan kelaparan tak hanya bisa membuat perut keroncongan, tapi juga sakit kepala. Faktor-faktor seperti dehidrasi, kekurangan makanan dan kekurangan kafein menyebabkan kadar glukosa dalam tubuh rendah yang dapat memicu sakit kepala.

Ini terjadi ketika otak merasakan kadar glukosa rendah dan melepaskan hormon tertentu seperti glukagon, kortisol, dan adrenalin untuk pulih dari hipoglikemia atau kadar glukosa rendah. Demikian dilansir dari Boldsky.

Sebagai efek samping dari hormon-hormon ini, sakit kepala terjadi bersamaan dengan rasa lelah atau mual. Selain itu, dehidrasi, kekurangan kafein, dan kekurangan makanan menyebabkan jaringan otak mengencang sehingga mengaktifkan reseptor rasa sakit yang menyebabkan sakit kepala.

Belum lagi, intensitas sakit kepala meningkat pada orang yang mengalami stres atau diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sakit kepala memburuk hingga 93 persen pada orang yang mengalami stres dibandingkan dengan 58 persen pada orang yang tidak mengalami stres.

Sakit kepala (Pixabay/RobbinHiggins)
Sakit kepala (Pixabay/RobbinHiggins)

Rasa lapar dan stres juga dapat terus memicu serangan migrain atau sakit kepala tipe tegang.

Gejala sakit kepala karena lapar dapat ditandai dengan perasaan tertekan di bagian samping dan dahi disertai ketegangan di bahu dan leher. Selain itu, gejala lain yang mengikuti sakit kepala karena lapar meliputi:

  • Perut keroncongan
  • Kelelahan
  • Tangan menggigil
  • Pusing
  • Sakit perut
  • Kebingungan
  • Berkeringat

Untuk menghindari sakit kepala ini, Anda dapat mencegahnya lewat beberapa tips berikut:

1. Makan makanan sehat tepat waktu. Hindari melewatkan makan, terutama sarapan.

2. Makan makanan kecil secara berkala jika profesi Anda melibatkan jadwal yang sangat sibuk.

3. Selalu sediakan camilan sehat seperti energy bar atau biji-bijian. Hindari cokelat manis atau jus yang dimaniskan karena dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa secara tiba-tiba dan meningkatkan risiko diabetes.

4. Minum banyak air untuk menahan rasa lapar.

5. Selalu bawa buah utuh seperti apel atau jeruk dan sekotak kacang.

6. Anda bisa memilih yoghurt atau jus buah tanpa pemanis.

7. Jika sakit kepala Anda disebabkan oleh kafein, alih-alih menghentikan asupan sepenuhnya, pertama-tama kurangi jumlahnya lalu hentikan sama sekali.

Berita Terkait

Berita Terkini