Info

Bukan Cuma Buahnya, Daun Mangga Juga Bisa Bermanfaat untuk Kesehatan

Studi menunjukkan bahwa daun mangga bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Fita Nofiana

Buah mangga. (pixabay/PublicDomainPictures)
Buah mangga. (pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Tak hanya buahnya yang memiliki berbagai manfaat, namun ada khasiat daun mangga yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan Anda. 

Melansir dari Healthshots, daun mangga dikemas dengan kebaikan vitamin C, B, dan A. Daun mangga juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya. 

Daun mangga memiliki sifat antioksidan yang kuat karena mengandung flavonoid dan fenol yang tinggi. Daun ini penuh dengan khasiat obat dan dapat mengobati beberapa masalah kesehatan. B

Berikut beberapa kasiat daun mangga untuk kesehatan, antara lain:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun mangga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk penurunan berat badan Anda. Daun mangga mengandung enzim papain dan hormon leptin, keduanya diketahui dapat melancarkan pencernaan dan mengatur penimbunan lemak dalam tubuh.

2. Kelola diabetes

Ekstrak daun mangga membantu dalam mengelola diabetes dan obesitas. Daun mangga baik untuk menyeimbangkan kadar gula darah pada pasien diabetes. 

Ilustrasi buah mangga. (Pixabay/joquim)
Ilustrasi buah mangga. (Pixabay/joquim)


Daun pohon mangga mengandung tanin yang disebut anthocyanin di mana dapat membantu dalam mengobati diabetes dini.

3. Kelola tekanan darah

Daun mangga memiliki sifat hipotensif yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, daun mangga cukup efektif untuk memperkuat pembuluh darah. 

Daun mangga juga dapat membantu membuat masalah tekanan darah menjadi lebih baik.

4. Sifat anti-kanker

Sama seperti buahnya, daun mangga juga kaya akan sifat anti kanker seperti antioksidan berupa polifenol dan terpenoid. Antioksidan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di mana dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit seperti kanker dan beberapa gangguan lainnya.

5. Mendukung kesehatan kulit

Bubuk daun mangga juga tersedia dalam penggunaan topikal untuk masalah kulit. Daun mangga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan ruam pada kulit. 

Ekstrak daun mangga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit karena kandungan antioksidannya. Daun mangga juga bisa menjadi bagian dari perawatan kulit musim panas Anda. 

Berita Terkait

Berita Terkini